DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN METODE ESTAFET WRITING PADA PEMBELAJARAN PENULISAN NASKAH TEATER DI SANGGAR MENTARI SMAN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:DELLA ARISTANTI CHARISMARINI
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-11-06


Kata Kunci: Pembelajaran, Teater, Estafet Writing, Ekstrakurikuler
Siswa SMAN 1 Banjarmasin memiliki keinginan untuk membuat karya berupa naskah
teater. Peneliti melakukan penerapan pembelajaran penulisan naskah teater dengan metode
Estafet Writing di Sanggar Mentari SMAN 1 Banjarmasin. Dengan metode Estafet Writing
siswa dapat memahami penulisan naskah teater, memiliki karya dan mendapat pengalaman
baru dalam menulis. Tujuan penelitian ini: 1) untuk mengetahui proses penerapan metode
Estafet Writing pada pembelajaran penulisan naskah teater di Sanggar Mentari SMAN 1
Banjarmasin, 2) untuk mengetahui hasil penerapan metode Estafet Writing pada pembelajaran
penulisan naskah teater di Sanggar Mentari SMAN 1 Banjarmasin. Metode penelitian ini
adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah
observasi secara langsung, wawancara secara langsung dengan narasumber, dan dokumentasi
berupa foto dan naskah. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan cara
melakukan reduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Pada pertemuan pertama
pelatih menjelaskan kepada siswa tentang materi penulisan naskah dan memulai untuk menulis
secara estafet, pertemuan kedua siswa melanjutkan menulis naska secara estafet dan pertemuan
ketiga siswa dapat menyelesaikan naskah secara estafet dan melakukan evaluasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan penerapan metode Estafet
Writing pada pembelajaran penulisan naskah teater di Sanggar Mentari SMAN 1 Banjarmasin
membuat siswa menjadi lebih bersemangat, aktif, dan mempunyai karya tulis yang dimiliki
bersama. Jenis naskah teater yang dihasilkan adalah naskah teater modern yang berjudul
Sebuah Nilai.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI