DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Perencanaan Jembatan sungai Mului Kecamatan Muara Komam Kabupaten Paser Kalimantan Timur
PENGARANG:BIMA AKBAR MAULANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-06


PERENCANAAN JEMBATAN SUNGAI MULUI

KECAMATAN MUARA KOMAM KABUPATEN PASER

KALIMANTAN TIMUR

Oleh:

Bima Akbar Maulana

Pembimbing:

Ir. Markawie, M.T

ABSTRAK

         Jembatan Sungai Mului terletak di Kabupaten Paser yang merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di Kalimantan Timur. Desa Swan Slotung dan Desa Long Sayo memiliki beberapa mata pencaharian antara lain perkebunan dan pertanian. Oleh karena itu dibutuhkan akses untuk menunjang kebutuhan masyarakat. Pada saat ini akses hanya berupa jembatan kayu yang hanya bisa dilalui satu arah bergantian, maka dibutuhkan peningkatan tersebut menjadi jembatan permanen untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Metodelogi yang digunakan dalam perencanaan struktur atas mengacu pada SNI 1725:2016 tentang Standar Pembebanan untuk Jembatan dan analisis perhitungan rangka utama dibantu dengan menggunakan software SAP2000 dalam analisi gaya dalam. Sedangkan dalam perencanaan struktur bawah metodelogi dalam perencanaan abutmen menggunakan jenis beton bertulang dan pondasi tiang bor yang dirancang agar memenuhi syarat aksial dan lateral.

Dari hasil perhitungan pada struktur atas didapatkan desain jembatan dengan bentang 60 m dengan lebar total jembatan 9 m. Perencanaan jembatan menggunakan profil WF 400.200.8.13 untuk gelagar memanjang, WF 900.300.16.28 untuk gelagar melintang, L 180.180.20 ikatan angin, dan WF 400.400.t untuk rangka induk dengan tebal berbeda pada setiap batangnya. Sedangkan pada struktur bawah abutment menggunakan mutu beton fc’ 30 MPa dan mutu baja fy 400 MPa, pondasi jenis tiang bor dengan diameter 600 mm dengan mutu beton fc’ 30 MPa dengan kedalaman 8,4 meter, stabilitas oprit dengan nilai SF = 1,5 dan Estimasi Rencana Anggara Biaya adalah Rp. 15.975.335.000,-.

Kata kunci : Jembatan, Rangka Baja,Tiang Bor.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI