DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kualitas Susu Kambing Pasteurisasi Yang Ditambahkan Bunga Telang
PENGARANG:OKTAVIANI FATIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-08


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas kimia dan kualitas organoleptik susu kambing pasteurisasi dengan penambahan bunga telang dengan konsentrasi yang berbeda. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 kali ulangan. Setiap perlakuan menggunakan bunga telang dengan konsentrasi yang berbeda-beda. Parameter yang diamati adalah kualitas kimiawi susu dan kualitas organoleptik. Untuk kualitas kimiawi yang diamati yaitu kadar lemak, kadar protein dan pH sedangkan untuk kualitas organoleptik yang diamati yaitu warna, aroma dan rasa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa susu kambing pasteurisasi yang ditambahkan bunga telang dengan konsentrasi berbeda mengalami peningkatan pada kadar lemak, kadar protein dan mengalami penurunan untuk kadar pH. Kadar lemak tertinggi yaitu pada perlakuan P3 (9% bunga telang) dengan jumlah 6,02%, kadar protein tertinggi juga terdapat pada perlakuan P3 (9% bunga telang) dengan jumlah 6,21%, sedangkan untuk kadar pH mengalami penurunan, dan kadar pH terendah yaitu pada perlakuan P2 (6% bunga telang).

Untuk kualitas organoleptik susu kambing pasteurisaai yang ditambahkan bunga telang mengalami perubahan warna, aroma dan rasa sesuai dengan konsentrasi yang ditambahkan. Semakin tinggi konsentrasi bunga telang yang ditambahkan maka menghasilkan warna yang semakin pekat, aroma yang sangat langu dan rasa yang sangat pahit. Dari hasil penelitian disarankan untuk hanya menambahkan bunga telang sebanyak 3% agar masih dapat dikonsumsi oleh konsumen.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI