DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MORFOMETRIK BOBOT BADAN, PANJANG BADAN, PANJANG LEHER DAN PANJANG SHANK PADA AYAM KATE JANTAN DAN BETINA
PENGARANG:RAKA KOVARA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-08


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan bobot badan, panjang badan, panjang leher dan panjang shank antara ayam kate jantan dan betina.

Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Unggas Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan selama dua bulan, dari bulan Mei-Juli 2023. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah survey, metode pengukuran langsung dengan menggunakan alat timbang, jangka sorong dan pita ukur. Ayam kate yang digunakan sebagai materi penelitian diambil secara acak sebanyak 60 ekor ayam kate berbagai umur. Pengukuran dilakukan terhadap setiap individu jantan dan betina yang meliputi bobot badan, panjang tubuh, panjang leher dan panjang shank. Data yang didapat dianalisis menggunakan sistem survey data dan analisis data statistik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan menggunakan program SPSS versi 26.

Hasil penelitan menunjukkan bahwa adanya perbedaan morfometrik pada ayam kate jantan dengan ayam kate betina yaitu bobot badan ayam kate jantanlebih berat dibandingkan dengan ayam betina. Bobot badan ayam jantan rata-rata 510,0 g, sedangkan ayam betina rata-rata 411,6 g. Panjang leher ayam kate jantan lebih panjang dibandingkan dengan ayam betina. Panjang leher ayam jantan rata-rata 9,5cm, sedangkan ayam betina rata-rata 7,8cm. Panjang badan ayam kate jantan lebih panjang dibandingkan dengan ayam betina. Panjang badan ayam jantan rata-rata 11,9 cm, sedangkan ayam betina rata-rata 9,6cm. panjang shank ayam kate jantanlebih panjang dibandingkan dengan ayam betina. Panjang shank ayam jantan rata-rata 3,8cm, sedangkan ayam betina rata-rata 3,5cm.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI