DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEDAGANG, PEMBELI DAN DAUR HIDUP PEDAGANG DI PASAR KUYANG KELURAHAN SELAT HILIR KECAMATAN SELAT KABUPATEN KAPUAS PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
PENGARANG:AGUS AKHYARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-02-12


ABSTRAK

Agus Akhyari, 2012, Proses Perdagangan Tengah Malam di Pasar Kuyang Kelurahan Selat Hilir Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas Propinsi Kalimantan Tengah, Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (1) Alfisyah, (2) Yuli Apriati.

 

Kata Kunci: pasar, perdagangan, karakteristik pedagang, pembeli, daur hidup.

 

Latar belakang penelitian ini adalah perdagangan yang dilakukan di pasar pada saat tengah malam , serta dengan berbagai jenis komoditas dagangan, dan letak pasar yang berdekatan dengan aliran sungai. Namun terfokuskan pada karaktersitik pedagang, pembeli dan daur hidup pedagang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui karakteristik pedagang di Pasar Kuyang Kelurahan Selat Hilir Kec. Selat Kabupaten Kapuas, (2) untuk mengetahui karakteristik pembeli di Pasar Kuyang Kelurahan Selat Hilir Kec. Selat Kabupaten Kapuas, (3) untuk mengetahui daur hidup di Pasar Kuyang Kelurahan Selat Hilir Kec. Selat Kabupaten Kapuas.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dan pengujian keabsahan data dengan cara perpanjangan pengamatan, trianggulasi sumber data dengan melakukan pengecekan ulang serta dengan triangulasi waktu mengumpulkan data dengan waktu yang berbeda-beda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) karakteristik pedagang di Pasar Kuyang Kelurahan Selat Hilir adalah pertama dilihat jenis komoditas yang dijual tergolong yang mudah rusak dan tidak mudah rusak, kemudian dari segi bentuk bangunan semi permanen, kios dan los, transaksi tunai adapun asal barang lokal, dari luar dan hasil kebun, serta jalur distribusi barang terdiri dari agen, grosir, eceran dan konsumen, kedua dari segi pendidikan yaitu dari SD hingga SMA,dan ketiga penghasilan yang didapat beragam dari yang terendah 50 ribu hingga 8 juta perhari, dan tempat yang ditempati yaitu milik pribadi, lahan pemerintah, dengan letak yang berada di halaman rumah warga dan depan toko pedagang. (2) Karakteristik pembeli di Pasar Kuyang Kelurahan Selat Hilir Kab. Kapuas, pertama Usia pembeli, dari hasil temuan dilapangan kebanyakan pembeli di atas usia 20 tahun ke atas sebagian besar ibu-ibu rumah tangga, kedua waktu  Kunjungan, untuk pembeli yang datang ke pasar tersebut biasanya datang pada jam 01.00 atau jam 02.00 pagi untuk membeli berbagai keperluan dapur ataupun keperluan lainnya. (3) Daur hidup, pada proses awal buka untuk berdagang pada jam 24.00 hingga pagi  hari pukul 07.00, kegiatan saat dirumah berkumpul bersama keluarga, melakukan aktivitas berkebun serta menyiapkan dagangan dan aktivitas lainnya, kemudian pada pukul 21.00 istirahat tidur dan pada saat tengah malam melanjutkan kembali aktivitas berdagang.

Saran dalam penelitian adalah(1) hendaknya ada penataan ulang kembali dalam konsep tata ruang di pasar tersebut, dan(2) hendaknya meningkatkan kembali daya beli masyarakat terhadap produk pangan lokal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI