DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TINGKAT KESEJAHTERAAN PETANI POLA PADI-JERUK DI DESA KOLAM KIRI DALAM, KECAMATAN BARAMBAI KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:SIDIQ RAHMADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-02-12


Sidiq Rahmadi.Tingkat Kesejahteraan Petani Pola Padi-Jeruk di Desa Kolam Kiri Dalam Kecamatan Barambai Kabupaten Barito Kuala, dibimbing oleh Muhammad Husaini dan Nina Budiwati.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  biaya dan pendapatan petani padi-jeruk, tingkat kesejahteraan petani padi-jeruk dan faktor yang berpengaruh terhadap tingkatkesejahteraanpetanipadi-jeruk di DesaKolamKiriDalam.

Penelitian dilaksanakan di di Desa Kolam Kiri Dalam Kecamatan Barambai Kabupaten Barito Kuala. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Februarisampai Juli 2018. Sampel dalam penelitian adalah petani padi-jeruk yang diambil  sampel  sebanyak  35  orang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa besar biaya total yang dikeluarkan petani pada usahatani padi-jeruk adalah sebesar Rp 66.145.796,56/tahun, pendapatan yang diperoleh sebesar Rp 61.838.143,67/tahun dan keuntungannya sebesar 21.556.034,87/tahun. Tingkat kesejahteraan petani padi-jeruk berdasarkan indikator menurut BKKBN 20,00% pada tingkat sejahtera III dan 80,00% pada tingkat sejahtera III Plus. Sedangkan indikator tingkat kesejahteraan menurut Badan Pusat Statistik 100% petani padi-jeruk tidak miskin atau sejahtera dan tingkat kesejahteran menurut Bank Dunia 62,86% petani berada diatas garis kemiskinan atau sejahtera, sedangkan sisanya 37,14% petani berada dibawah garis kemiskinan atau tidak sejahtera.Faktor-faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kesejahteraan petani padi-jerukadalah pendapatan perkapita rumah tangga petani (x1), pendidikan (x2), umur (x3) dan jumlah tanggungan keluarga (x4).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI