DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Sebaran Spasial Tingkat Permukiman Kumuh Kecamatan Baamang Kabupaten Kotawaringin Timur
PENGARANG:SITI SALMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-09


Siti Salma, 2023, Nim. 1910416320015. Sebaran Spasial Tingkat Permukiman Kumuh Kecamatan Baamang Kabupaten Kotawaringin Timur. Pembimbing : Dr. Rosalina Kumalawati, M.Sc.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran permukiman kumuh berbasis sistem informasi geografi (SIG) dan mengetahui tingkat permukiman kumuh serta merekomendasikan penanganan permukiman kumuh di Kecamatan Baaamang Kabupaten Kotawaringin Timur.

Metode penelitian menggunakan metode penelitian mix method atau penelitian kuantitatif dan kualitatif. Metode kuantitatifdigunakan untuk mengetahui tingkat permukiman kumuh dengan analisis pembobotan/skoring, metode kuantitatif digunakan untuk merekomedasikan penanganaan permukiman kumuh dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan dokumentasi.

Hasil penelitian sebaran spasial tingkat permukiman kumuh terdapat pada Kelurahan Baamang Hilir dengan tingkat kekuumuhan termasuk kategori tidak kumuh, dan status lahan legal, Kelurahan Baamang tengah dengan tingkat kekumuhan termasuk kategori tidak kumuh dengan status lahan legal dan Kelurahaan Baamang Hulu termasuk kategori kumuh ringan dengan status lahan legal. Rekomendasi terkait penanganan permukiman kumuh berdasarkan peraturan menteri  PUPR No. 2 tahun 2016 pasal 26 ayat 2 pola-pola penanganan berdasarkan aspek kekumuhan dan aspek legalitas lahan, maka pola penanganan yang dilakukan adalah pemugaran permukiman dengan cara melakukan perbaikan atau pembangunan kembali perumahan kumuh dan permukiman kumuh menjadi permukiman yang layak huni.

 

Kata kunci :Permukiman kumuh,tingkat kumuh, penanganan kumuh.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI