DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TEKNIK MENULIS EKSPRESIF UNTUK MENURUNKAN QUARTER-LIFE CRISIS MAHASISWA
PENGARANG:MALIDA SALSABILA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-09


Fenomena quarter-life crisis terjadi pada usia 20-an rentan dialami oleh orang-orang yang berpendidikan ditandai dengan adanya kebimbangan dalam pengambilan keputusan, putus asa, penilaian diri yang negatif, terjebak dalam situasi yang sulit, perasaan cemas, tertekan, dan khawatir terhadap relasi interpersonal yang akan atau sedang dibuat. Penelitian dilatarbelakangi oleh adanya quarter-life crisis pada mahasiswa FKIP ULM angkatan 2020. Tujuan penelitian ini menguji keefektifan teknikmenulisekspresif dengan pendekatan konseling kelompok realita dalam menurunkan quarter-life crisis mahasiswa.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen rancangan quasi experiment design dalam bentuk non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa FKIP ULM angkatan 2020 yang mengisi angket sebanyak 94 responden. Sampel sebanyak 10 orang yang dipilih sesuai kriteria dengan teknik purposive sampling. Alat pengumpul data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan uji-t.

Berdasarkan hasil uji-t diperoleh hasil Sign (2-tailed) sebesar 0,015 < 0,05 atau probabilitas dibawah 0,05 dan Thit > Ttab yaitu 5,734 > 2,306. Kesimpulan hasil penelitian ini terdapat perbedaan sebelum dan sesudah diberikan teknik menulis ekspresif. Maka, teknikmenulisekspresif dengan pendekatan konseling kelompok realita efektif dalam menurunkan quarter-life crisis mahasiswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI