DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA PELAKU ANCAMAN KEKERASAN MEMAKSA ANAK MELAKUKAN PERSETUBUHAN SECARA BERLANJUT (STUDI PUTUSAN NOMOR 11/PID.SUS-ANAK/2022/PN.PTK)
PENGARANG:AIDA NUR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-09


Aida Nur, Desember 2023. PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA PELAKU ANCAMANKEKERASAN MEMAKSA ANAK MELAKUKAN PERSETUBUHAN SECARA BERLANJUT (STUDI PUTUSAN NOMOR : 11/PID.SUS-ANAK/2022/PN.PTK). Skripsi, Program Sarjana Program Studi Hukum Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat, 81 Halaman. Pembimbing Prof. Dr. Diana Haiti, S.H., M.H.

ABSTRAK

Tujuan penelitian dari skripsi ini adalah untuk mengetahui ketepatan dalam Putusan Pengadilan Nomor: 11/Pid.Sus-Anak/2022/PN. Ptk dan untuk mengetahui putusan hakim apakah sudah memenuhi Asas Keadilan Hukum, Asas Kepastian Hukum, dan Asas Kemanfaatan Hukum.

Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan peraturan perundang-undangan (Statute Approach), pada putusan nomor: 11/Pid.Sus-Anak/2022/PN. Ptk.

Hasil penelitian skripsi menunjukan bahwa : Pertama Putusan pidana yang diterima terdakwa dari kasus perkara dalam Putusan Pengadilan Negeri Pontianak Nomor : 11/Pid.Sus-Anak/2022/PN Ptk, jika dilihat dari terdakwa putusan tersebut menguntungkan bagi pelaku, namun jika putusan pidana ini dipandang dari sisi korban, penulis rasa kurang tepat terhadap menjatuhkan pidana jika terdakwa dipidana Pelayanan Masyarakat di kantor Balai Pemasyarakatan (BAPAS) kelas II Pontianak selama 120 (seratus dua puluh) jam dalam kurun waktu 3 (tiga) bulan dan Pelatihan kerja selama 3 (tiga) bulan di BLKI. Kedua harus lebih teliti agar dapat mencapai keadilan yang didalamnya terdapat tujuan hukum yaitu hukum semata-mata untuk mewujudkan keadilan (justice), kemanfaatan dan kepastian hukum. dikarenakan ancaman yang dikenakan kan kurang dan keliru.

Kata Kunci (Keyword) : Pertanggungjawaban, Anak, Persetubuhan, Studi Putusan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI