DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Tinjauan Yuridis Putusan Penadilan Negeri Padang Sidempuan Nomor 470/PID.SUS/2018/PN.PSP Terhadap Tindak Pidana Penculikan Anak
PENGARANG:MUHAMMAD DANIEL RIZKY NOVIANDY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-09


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana pada putusan pengadilan negeri Padang Sidempuan nomor 470/pid.sus/2018/pn.psp terhadap tindak pidana penculikan anak dan pembuktian pada putusan pengadilan negeri Padang Sidempuan nomor 470/pid.sus/2018/pn.psp terhadap tindak pidana penculikan anak.

Penelitian skripsi ini menggunakan metode penelitian hukum normatif. Bahan hukum yang digunakan diperoleh melalui studi kepustakaan (library research) dengan mempelajari peraturan perundang-undangan dan semua tulisan yang berkaitan dengan objek yang dikaji dan diteliti yaitu; berupa bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis.

Menurut hasil dari penelitian skripsi ini menunjukkan bahwa: Pertama, Dalam isi tuntutan penuntut umum, hakim dapat menjatuhkan vonis yang berbeda dalam Pasal 83 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dijatuhkan Pidana Penjara selama 15 (lima belas) Tahun dan paling singkat 3 (tiga) tahun dari Putusan Hakim menjadi 1 (satu) tahun. Kedua, Nilai kekuatan pembuktian keterangan saksi berkaitan erat dengan nilai kebenaran keterangan saksi itu sendiri. Perbedaan alat bukti saksi ketika persidangan dilakukan yang memberikan dampak besar dalam penentuan nilai kekuatan pembuktian keterangan saksi.

Kata Kunci: Tinjauan Yuridis, Putusan Pengadilan, Penculikan Anak

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI