DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Dampak Keberadaan Perkebunan Kelapa Sawit Terhadap Kondisi Sosial dan Ekonomi Masyarakat Desa Balanti Kecamatan Kalumpang
PENGARANG:SITI NORMALINDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-09


Siti Normalinda. 2023 Dampak Keberadaan Perkebunan Kelapa Sawit Terhadap Kondisi Sosial dan Ekonomi Masyarakat Desa Balanti Kecamatan Kalumpang. Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (Dibimbing oleh Dimas Asto Aji An’amta, S.Pd., M.A).

Penelitian ini memiliki tujuan untuk: mengetahui dampak semenjak hadirnya sebuah perusahaan kelapa sawit yang berada di Desa Balanti, Kecamatan Kalumpang. Di mana kita ketahui apabila masuknya sebuah sektor seperti perkebunan di masyarakat maka akan berdampak bagi masyarakatnya baik yang berdampak positif ataupun berdampak negatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif-kualitatif, dan teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Perubahan Sosial menurut Kingsley Davis.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa semenjak hadirnya sebuah  perkebunan kelapa sawit PT. Surya Langgeng Sejahtera di Desa Balanti memiliki dampak terhadap sosial ekonomi masyarakatnya, karena PT. Surya Langgeng Sejahtera memberikan peluang usaha atau penyerapan tenaga kerja kepada masyarakat sekitar sehingga pendapatan masyarakat semakin meningkat.  Sebelum berdirinya perkebunan kelapa sawit PT. Surya Langgeng Sejahtera mayoritas pekerjaan utama masyarakat ialah sebagai petani yang di mana penghasilannya tidak menetap, sedangkan semenjak bekerja di perkebunan kelapa sawit penghasilan masyarakat menjadi menetap. Dari meningkatnya perekonomian tersebut masyarakat dapat memperbaiki Hunia dan tingkat pendidikan pun meningkat. Sebelum maupun sesudah hadirnya PT. Surya Langgeng Sejatera ini tidak memberikan dampak negatif terhadap kehidupan masyarakatnya seperti gotong royong dan interaksi di masyarakat tidak hilang.

                                                                                    

Kata Kunci: Perkebunan Kelapa Sawit, Dampak Ekonomi, Dampak Kondisi Sosial.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI