DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SARABA ITIK: REPRESENTASI SIMBOL DALAM IDENTITAS KULTURAL MASYARAKAT AMUNTAI
PENGARANG:ZIA MAULIDAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-10


Zia Maulidan. 2023. SARABA ITIK: Representasi Simbol Dalam Identitas Kultural Masyarakat Amuntai. Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Arif Rahman Hakim, S. Sos., M.A.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh representasi simbol dalam identitas kultural masyarakat Amuntai. Simbol identitas kultural yang tampil di Amuntai memiliki keunikan yang berbeda dari Kabupaten lainnya yang terletak di Kalimantan Selatan. Penelitian ini bertujuan Mengetahui pada hal apa saja simbol Itik yang digunakan masyarakat Kota Amuntai dan Mengetahui makna simbol itik yang terdapat pada Kota Amuntai.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode interpretatif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara analisis data menerapkan tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa simbol identitas kultural masyarakat Amuntai dilihat dalam lima aspek, yaitu dalam aspek peternakan di jadikan sebagai salah satu mata pencaharian, dalam aspek kuliner terdapat itik panggang, dalam aspek oleh-oleh terdapat gula batu yang berbentuk itik, dalam aspek ornament dijadikan ikon kota dan di tampilkan digapura selamat datang serta di tampilkan di lampu hias, dalam aspek seni budaya ditampilkan dalam lirik lagu, dan yang terakhir itik dijadikan sebagai motif dalam tenun ikat sarigading. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan simbol identitas kultural merupakan  sebuah bentuk yang mencerminkan identitas karakteristik masyarakat Amuntai.

 

Kata Kunci: Representasi Simbol, Identitas Kultural, Saraba Itik, Masyarakat Amuntai.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI