DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI BERTAHAN PENGRAJIN TABUNGAN DARI TANAH LIAT DI DESA BAYANAN KECAMATAN DAHA SELATAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
PENGARANG:RAHMAT QIJRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-10


ABSTRAK

Rahmat Qijri, 2023. Strategi Bertahan Pengrajin Tabungan Dari Tanah Liat Di Desa Bayanan Kecamatan Daha Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Syahlan Mattiro.

 

Kata Kunci : Strategi, Pengrajin, Tabungan dari Tanah liat

                           

Penelitian ini meneliti tentang strategi bertahan pengrajin tabungan dari tanah liat yang tetap dapat menjalankan usaha mereka. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui strategi apa saja yang digunakan oleh pengrajin tabungan dari tanah liat di desa Bayanana 2) untuk mengetahui faktor pendukung bertahannya pengrajin tabungan dari tanah yang ada di desa Bayanan, Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan sumber data Purposive Sampling. Adapun informan penelitian ini ialah para pengrajin tabunngan dari tanah liat sebagai usaha utama mereka.  Pengumpulan data data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi.

Hasil Penelitian menujukan bahwa Strategi bertahan yang digunakan  oleh pengrajin tabungan tanah liat di desa bayanan ini terbagi menjadi dua kategori yang pertama strategi internal a) Variasi produk,. b) mutu produk,. c) Harga jual, Yang kedua strategi ekstrernal  (Memasarkan Produk), yang a) Titip jual/ Konsinyasi , yakni melakukan titip jual/konsinyasi ( Consignment) kerja sama dengan toko-toko yang ada di pasar. b) Mempromosikan di facebook menggunakan aplikasi facebook sebagai alat mempromosikan produk mereka. c) Memiliki toko sendiri. Faktor yang mempengaruhi bertahannya pengrajin tabungan dari tanah liat ini yakni, : 1) Lokasi bahan baku, 2) Aksesibilitas, 3) Transportasi, pada hal transportasi pengrajin mempunyai alat transportasi yang sering digunakan yakni Jukung (perahu), gerobak & jasa mobil pick up.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan untuk Masyarakat diharapkan untuk ikut berpartisipasi dalam mendukung keberlanjutan usaha pengrajin tabungan dari tanah liat di Hulu Sungai Selatan ini. Bentuk partisipasi tersebut adalah dengan membeli produk tabungan dari tanah liat para pengrajin. Untuk para pengrajin di desa Bayanan ini khususnya diharapkan dapat mengasah ke kreativitasannya dalam membuat bentuk tabungan dari tanah yang belum pernah mereka buat sebelumnya hal ini tentu dapat meningkatkan produk yang mereka buat untuk menarik lebih banyak pelanggan. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI