DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Produktivitas Tukang Keramik Pada Proyek Konstruksi Bangunan Lantai 1
PENGARANG:HELDA PUTRI RAMADHANIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-10


Suatu keberhasilan proyek konstruksi secara keseluruhan tergantung dari keberhasilan setiap pekerjaan yang ada dalam proyek tersebut, sedangkan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan suatu pekerjaan adalah produktivitas tenaga kerjanya. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai produktivitas tukang keramik dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas pada proyek konstruksi bangunan lantai 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik pengisian kuesioner dan wawancara dengan jumlah responden 12 orang.

Nilai produktivitas rata-rata kelompok dan perorangan yang diperoleh adalah: kelompok proyek 1 sebesar 4,521 m2/jam; kelompok proyek 2 sebesar 2,309 m2/jam; kelompok proyek 3 sebesar 1,043 m2/jam; kelompok proyek 4 sebesar 1,923 m2/jam; perorangan proyek 1 sebesar 0,9041 m2/jam; perorangan proyek 2 sebesar 0,7697 m2/jam; perorangan proyek 3 sebesar 0,5214 m2/jam; perorangan proyek 4 sebesar 0,9617 m2/jam.

Faktor yang mempengaruhi produktivitas tukang keramik pada proyek konstruksi bangunan lantai 1 berdasarkan hasil pengisian kuesioner adalah sarana dan usia. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa proyek 1 memiliki nilai rata-rata produktivitas kelompok paling tinggi dan proyek 4 memiliki nilai rata-rata produktivitas perorangan paling tinggi. Sedangkan dengan perhitungan LUR menyatakan bahwa proyek 4 lebih produktif.

 

Kata Kunci : Faktor Pengaruh, LUR, Produktivitas, Tukang Keramik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI