DIGITAL LIBRARY



JUDUL:RESPON MASYARAKAT KOTA BANJARMASIN TERHADAP BANTUAN SOSIAL PAKET SEMBAKO DINAS SOSIAL PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:ANISA SAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-11


ABSTRAK

Kemiskinan adalah suatu kondisi yang ditandai dengan ketidakcukupan hidup seseorang atau rumah tangga, sehingga mengakibatkan ketidakmampuan menncukupi kebutuhan mendasar serta mencapai standar hidup yang memuaskan. Kebutuhan mendasar ini mencakup unsur-unsur seperti makanan, pakaian, rumah, yang penting bagi individu atau rumah tangga agar dapat mempertahankan standar hidup yang memuaskan. Dinass Sosial Provinsi Kalimanta Selatan telah melakukan program dukungan komprehensif di bidang pengentasan kemiskinan. Penyelenggaraan program sembako dilandaskan dengan Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 15 Ta. 2021 yang didasarkan pada Pedoman Umum Program Sembako Ta. 2020.

Penelitian ini dilakukan denggan metode deskriptip kuantitatip untuk mengetahui secara langsung penduduk penerima bantuan paket sembako yang diidentifikasi dari daftar penerima di Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan.

Berdasarkan temuan di lapangan, warga Kota Banjarmasin yang mendapat bantuan menyatakan puas dan merasa bantuan yang disebar sangat membantu. Individu tertentu mengalami ketidakpuasan ketika mereka memperoleh bantuan namun kemudian menariknya kembali karena menganggap dirinya sebagai penerima manfaat dari dukungan sosial tambahan. Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan harus lebih banyak melakukan sidak kepada masyarakat penerima manfaat untuk mencegah terulangnya kejadian serupa.

Kata Kunci: Kemiskinan, Bantuan Sosisal, Respon Masyarakat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI