DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH ORGANIK BERDASARKAN SUMBER DAN JENIS SAMPAH RUMAH TANGGA DI KELURAHAN BASIRIH KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD RIZAL RAMADHAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-11


Muhammad Rizal Ramadhan, 2023, Nim. 1910416310058. Partisipasi Masyarakat Terhadap Pengelolaan Sampah Organik Berdasarkan Sumber dan Jenis Sampah Rumah Tangga Di Kelurahan Basirih Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin. Pembimbing: Muhammad Efendi M.Pd.

 

Sampah organik merupakan komponen limbah terbesar yang berjenis rumah tangga pada komposisi sampah organik (sampah organik yang dapat terurai) 42% hingga 80,2% di Indonesia. Keberadaan sampah ialah suatu masalah yang perlu dihadapi masyarakat karena keberadaannya tidak disukai jika dikaitkan pada faktor-faktor kebersihan, kesehatan, kenyamanan dan keindahan pada lingkungan. Salah satu pengelolaan sampah yang bersumber dari rumah tangga yaitu melaksanakan rencanayang baik terhadap pengelolaan sampah, misalnya: mendaur ulangdan pemilahan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengelolaan sampah organik rumah tangga dan untuk mengetahui faktor-faktor sampah apa saja yang mempengaruhi pertisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah organik.

Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Pada pengelolaan sampah dan faktor-faktor sampah ditentukan secara kuantitatif pada kuesioner berjumlah 30 anggota karang taruna di Kelurahan Basirih dengan analisisdeskriptif persentase dan perhitungan kategori interval skala likert.

Hasil penelitian ini terdapat 19 pertanyaan pada kuesioner dengan jumlah sample seluruh anggota Karang Taruna Banyiur Dalam RT 39. Pada kajian pengelolaan masyarakat terhadap sampah organik yang bersumber dari rumah tangga dan faktor-faktor sampah yang mempengaruhi partisipasi masyarakat terhadap pengelolaan sampah organik di Kelurahan Basirih.Kawasan Basirih termasuk kategori menengah dengan status interval sedang pada kajian pengelolaan sampah yang berdasarkan nilainya 68% - 84% dengan sample 15 anggota Karang Taruna Banyiur Dalam. Kawasan Basirih pada kajian faktor-faktor pengelolaan sampah termasuk kategori sedang dengan status interval tingkat tinggi yang berdasarkan nilainya 88% di 14 anggota karang taruna.

Kesimpulan variabel peingeilolaan sampah berkategori “Seidang” dan faktor-faktor sampah beirkateigori “Tinggi” pada partisipasi masyarakat dengan hasil preiseintasei inteirval 68%-84% dan ≥88%merupakan kateigorisasi tingkat seidang-tinggi.

 

 

Kata Kunci:Sampah organik, partisipasi masyarakat, pengelolaan dan faktor-faktor sampah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI