DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Produktivitas Alat Berat Dalam Pekerjaan Perkerasan Berbutir Pada Proyek Penanganan Jalan Handil Maluka – Pantai Harapan Kec. Bumi Makmur
PENGARANG:FITRI INDRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-12


Penanganan Jalan Handil Maluka dilakukan karena meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap akses, transportasi, maupun mobilisasi di Jalan tersebut. Peran alat berat sangatlah diperlukan pada penanganan jalan ini sebagai alat bantu pekerjaan dan mempercepat pekerjaan.Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis perbandingan terhadap seberapa besar produktivitas alat berat yang dihitung berdasarkan teori dengan analisis berdasarkan kenyataan di lapangan serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pekerjaan perkerasan berbutir.

Metode yang digunakan dalam analisis produktivitas alat berat adalah metode time study. Metode time study adalah teknik pengukuran pekerjaan dengan cara pengumpulan data berdasarkan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan dan digunakan untuk menghitung standard time suatu pekerjaan.

Hasil penelitian yang dilakukan mengenai analisis produktivitas dan faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas alat berat diperoleh nilai produktivitas pekerjaan penghamparan material berdasarkan analisis teori adalah sebesar 778,909 m3/hari dengan durasi pekerjaan selama 2 (dua) hari dengan jumlah sebanyak 1 unit, Dump Truck sebanyak 45 unit, Motor Grader sebanyak 1 unit, dan Vibratory Roller sebanyak 1 unit. Sedangkan berdasarkan analisis yang dilakukan di lapangan didapatkan durasi pekerjaan selama 16 (enam belas) hari kerja serta produktivitas semua alat berat adalah sebesar 99 m3/hari dengan jumlah alat berat Wheel Loader sebanyak 1 unit, Dump Truck sebanyak 13 unit, Motor Grader sebanyak 1 unit dan Vibratory Roller sebanyak 1 unit. Faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas alat berat pada penelitian ini adalah faktor material, kondisi alat berat, cuaca dan bahan bakar.

 

 

Kata Kunci : Produktivitas, alat berat, jumlah alat, durasi pekerjaan, faktor yang mempengaruhi produktivitas

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI