DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KOMBINASI METODE CERAMAH DAN FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) TERHADAP PENGETAHUAN DAN PERILAKU DALAM PENGGUNAAN OBAT PADA PASIEN DIABETES MELITUS DI PUSKESMAS BANJARBARU SELATAN
PENGARANG:AHMAD NAZAR WINARTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-02-13


PENGARUH KOMBINASI METODE CERAMAH DAN FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) TERHADAP PENGETAHUN DAN PERILAKU DALAM PENGGUNAAN OBAT DIABETES PADA PASIEN DIABETES MELITUS (DM) DIPUSKESMAS BANJARBARU SELATAN (Oleh: Ahmad Nazar Winarto; Pembimbing: Noor Cahaya, Valentina Meta Srikartika; 2018, 37 Halaman)

Diabetes mellitus adalah kelainan metabolisme dikarenakan defisiensi insulin dan resistensi insulin, diabetes dapat dikontrol dengan cara meningkatkan kesadaran pasien dalam menjalankan terapi jangka panjang untuk meminimalkan timbulnya komplikasi. Edukasi adalah sarana yang dapat digunakan untuk membangun pengetahuan maupun perilaku. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kombinasi metode ceramah dan FGD untuk meningkatkan pengetahuan dan perilaku pasien terkait penggunaan obat diabetes. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental karena dilakukannya intervensi berupa ceramah dan FGD serta pemberian pretest sesaat sebelum intervensi diberikan dan posttest setelah 1 bulan intervensi. Penelitian ini melibatkan 26 responden yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi dengan instrument penelitian berupa kuesioner yang telah dimodifikasi dan divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata skor 61 (pretest) menjadi 82 (posttest), rata-rata skor skor perilaku juga meningkat dari 57 (pretest) menjadi 78 (posttest). Maka dapat disimpulkan bahwa setelah diberikan intervensi berupa ceramah dan FGD terdapat peningkatan pengetahuan dan perilaku dengan nilai signifikansi p= 0,000 (p<0,05) untuk pengetahuan, p= 0,008 (p<0,05) untuk perilaku.

Kata kunci: Diabetes mellitus, ceramah, Focus Group Discussion, pengetahuan, perilaku

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI