DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Perbendaharaan Kata Anak Tunarungu Kelas I di SLB B/ C Paramita Graha Banjarmasin” | |
PENGARANG | : | Khairunnisa | |
PENERBIT | : | - | |
TANGGAL | : | 2017-09-22 |
Kata Kunci: Pembelajaran berbasis multimedia, perbendaharaan kata, siswa
tunarungu
Seseorang dapat berinteraksi dengan adanya komunikasi, komunikasi dapat
terjalin dengan baik karena cukupnya perbendaharaan kata yang dimilikinya.
Permasalahan yang terdapat pada siswa tunarungu kurang dengar adalah miskinnya
perbendaharaan kata yang dimilikinya, hal tersebut membuat siswa tidak mengetahui
nama-nama dari benda disekitar lingkungannya bahkan tidak mampu
mengucapkannya. Penelitian ini mengemukakan tentang penggunaan media
pembelajaran berbasis multimedia dalam meningkatkan perbendaharaan kata siswa
tunarungu kurang dengar, media tersebut merupakan media yang inovatif, kreatif dan
menyenangkan agar bisa menarik perhatian anak untuk mengikuti pembelajaran.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan
desain penelitian time series design (O1 O2 O3 O4 X O5 O6 O7 O8) yang terdiri dari
pre test yaitu pemberian tes sebelum diberikan perlakuan, treatmen yakni
menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia dan post test yaitu pemberian
tes setelah diberikan perlakuan. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang siswa
tunarungu kurang dengar kelas dasar I di SLB B/ C Paramita Graha Banjarmasin yang
berinisial Nn. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket validasi, observasi
dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal, lembar angket
validasi, observasi dan alat dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan analisis data statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap perbendaharaan
kata siswa tunarungu yang berinisial NN kelas dasar I di SLB B/ C Paramita Graha
Banjarmasin. Adapun hasil pre test (O1=1)+(O2=2)+(O3=4)+(O4=4)= 11 yang
menunjukkan hasil kemampuan awal anak masih rendah. Pada ke 3 kali treatmen
menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia terbukti motivasi siswa,
keaktifan siswa dan tanggung jawab siswa tinggi. Hal ini terbukti dengan hasil post test
(O5=20)+(O6=22)+(O7=25)+(O8=28)= 95, yang menunjukkan hasil kemampuan
yang meningkat. Kesimpulan dalam peneitian ini adalah media pembelajaran berbasis
multimedia dapat berpengaruh positif pada kemampuan perbendaharaan kata siswa
tunarungu kurang dengar kelas asar I di SLB B/ C Paramita Graha Banjarmasin.
NO | DOWNLOAD LINK |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI