DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MEMBANGUN KARAKTER KREATIF DAN PERCAYA DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DI KELAS XII SMAN 4 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
PENGARANG:HARDINA NOVEISYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-02-13


MEMBANGUN KARAKTER KREATIF DAN PERCAYA DIRISISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUIPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSINGDI KELAS XII SMAN 4 BANJARMASINTAHUN PELAJARAN 2018/2019(Oleh: Hardina Noveisya; Pembimbing: Chairil Faif Pasani, Siti Mawaddah; 2018; 89 halaman)

 

ABSTRAK

Pendidikan karakter menjadi salah satu tujuan pendidikan di Indonesia. Pendidikan karakter penting adanya guna menjadikan siswa seorang yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain. Model pembelajaran problem posing adalah model pembelajaran di mana siswa diminta untuk mengajukan masalah (problem) berdasarkan situasi tertentu, menumbuh kembangkan kreativitas siswa dan kepercayaan  pada diri sendiri. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Membangun karakter kreatif siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem posing di kelas XII SMAN 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019,  (2) Membangun karakter percaya diri siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem posing di kelas XII SMAN 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019, (3) Mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Problem Posing di kelas XII SMAN 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019. (4) Menganalisis hubungan antara karakter kreatif dan percaya diri siswa dengan hasil belajar siswa kelas XII SMAN 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian time series sebanyak enam kali pertemuan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan observasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model Problem Posing dalam pembelajaran matematika dapat membangun karakter kreatif siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 4 Banjarmasin, (2) Penerapan model Problem Posing dalam pembelajaran matematika dapat membangun karakter percaya diri siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 4 Banjarmasin, (3) Hasil belajar siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 4 Banjarmasin menggunakan model Problem Posing cenderung naik dengan rata-rata hasil akhir berada pada kategori sangat baik, (4) Terdapat hubungan dengan kategori kuat antara karakter kreatif dengan hasil belajar dan hubungan dengan kategori cukup anatara karakter percaya diri dengan hasil belajar siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 4 Banjarmasin.

 

Kata kunci: kreatif, percaya diri,  problem posing.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI