DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SUBSTITUSI TEPUNG MAIZENA TERHADAP KARAKTERISTIK ORGANOLEPTIK SEMPOLAN IKAN PATIN (Pangasius sp.)
PENGARANG:FITRI NUR KHOLIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-16


Ikan patin merupakan jenis ikan air tawar yang populer karena rendahnya kandungan lemak. ikan patin mengandung protein, lemak, karbohidrat, dan zat gizi lainnya. Tepung tapioka dan tepung maizena adalah bahan makanan yang terbuat dari singkong dan jagung. Tepung tapioka memberikan tekstur kenyal pada adonan, sedangkan tepung maizena digunakan sebagai pengental. Sempolan ikan adalah gorengan yang terbuat dari tepung tapioka dan  ikan patin

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh substitusi tepung maizena terhadap karakteristik sempolan  ikan patin. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Rancangan Acak Lengkap dengan3 perlakuan dan 3 kali ulangan. Parameter pengujian yang dilakukan adalah pengujian nilai organoleptik dan kimiawi, dengan uji organoleptik melibatkan panelis yang memberikan penilaian terhadap kenampakan, aroma, rasa, dan tekstur sempolan ikan patin, dan kimiawi dilakukan untuk menguji kadar air dan kadar protein.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa substitusi tepung maizena mempengaruhi nilai organoleptik, kadar air, dan kadar protein sempolan ikan patin (Pangasius sp.). Perlakuan TTM 2 dengan substitusi tepung maizena 40% memiliki nilai organoleptik yang lebih rendah dan kadar air yang lebih tinggi dibandingkan denganperlakuan TTM 1 (substitusi 20%) dan Kontrol (K)(tanpa substitusi). Perlakuan TTM 2 juga memiliki kadar protein yang lebih tinggi. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menguji presentasi substitusi tepung maizena yang lebih tinggi dan menganalisis sifat fisik dan kimia lainnya dari produk sempolan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI