DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PEMENUHAN HAK NARAPIDANA MENURUT PERSPEKTIF HAK ASASI MANUSIA (STUDI DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA BANJARMASIN)
PENGARANG:MUHAMMAD RIDHO ZEINURRAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-17


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hak-Hak Narapidana yang dijamin oleh Hak Asasi Manusia serta Implementasi dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Banjarmasin, dan untuk mengetahui Kendala atau Tantangan yang dihadapi dalam Pemenuhan Hak Asasi Manusia di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Banjarmasin. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum empiris. Sifat penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian deskriptif. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Perundang-Undangan dan Pendekatan konseptual.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif, analisis data kualitatif berarti mengurangi data, mempresentasikan data, dan menarik kesimpulan.

Menurut hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, Pemenuhan Hak Narapidana sudah diterapkan menurut Hak Asasi Manusia dan sesuai ketentuan aturan yang berlaku menurut Pasal 9 dan Pasal 10 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Banjarmasin. Kedua, Kendala atau Tantangan yang dihadapi dalam Pemenuhan Hak Narapidana disebabkan oleh kurangnya kesadaran narapidana atas Hak-Haknya, kelebihan kapasitas daya tampung dan ketidakseimbangan antara jumlah Narapidana dengan Petugas yang menjadi faktor penghambat pelaksanaan Hak-Hak Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Banjarmasin.

Kata Kunci: Hak, Narapidana, Lembaga Pemasyarakatan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI