DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PREPARASI MAGNETIK BIOCHAR DARI LIMBAH KULIT SAGU (Metroxylon sagu Rottb.) DAN UJI APLIKASINYA SEBAGAI ADSORBEN METILEN BIRU
PENGARANG:NUR AZIZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-17


ABSTRAK

PREPARASI MAGNETIK BIOCHAR DARI LIMBAH KULIT SAGU (Metroxylon sagu Rottb.) DAN UJI APLIKASINYA SEBAGAI ADSORBEN METILEN BIRU (Oleh: Nur Azizah; Pembimbing; Prof. Sunardi, S.Si., M.Sc., Ph.D; 2023; 67 halaman)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik biochar dan magnetik biochar terhadap kemampuan adsorpsi metlen biru. Limbah kulit sagu diolah menjadi biochar melalui proses pirolisis pada suhu 600?C menghasilkan biochar dan dimodifikasi menjadi magnetik biochar menggunakan larutan FeCl3 dan FeSO4.7H2O. Biochar dan magnetik biochar kemudian dikarakterisasi menggunakan Fourier Transformed Infrared (FTIR) untuk mengetahui gugus fungsi dan Scanning Electron Microscopy (SEM) untuk menunjukkan adanya perubahan morfologi pada permukaan magnetik biochar. Hasil analisis FTIR menunjukkan adanya perubahan gugus fungsi biochar setelah dilakukan preparasi menjadi magnetik dan pada analisis SEM menunjukkan morfologi permukaan magnetik biochar menjadi lebih padat dan berpori dibandingkan dengan biochar awal. Adsorpsi metilen biru terjadi pada kondisi optimum pH 7 dengan waktu kontak 60 menit. Kapasitas adsorpsi metilen biru oleh magnetik biochar lebih besar jika dibandingkan dengan biochar dan kulit sagu. Berdasarkan hasil penelitian juga menunjukkan adsorpsi yang terjadi mengikuti pola isoterm Freundlich.

Kata Kunci: kulit sagu, pirolisis, magnetik biochar, adsorpsi, metilen biru

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI