DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 4 Banjarmasin Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT).
PENGARANG:WISNU ARDIANTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-02-14


Keterampilan sosial siswa yang masih rendah, serta ditemukan fakta bahwa dalam proses belajar mengajar siswa cenderung pasif. Oleh karena itu dilaksanakanlah penelitian tindakan kelas berupa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Hopkins. Setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Jenis instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan dan tes hasil belajar. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Dari analisis data diperoleh hasil bahwa: (1) skor rata-rata keterlaksanaan RPP pada siklus I 2,94 (baik), dan siklus II 3,69 (sangat baik), (2) keterampilan sosial siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup baik pada siklus I menjadi kategori baik pada siklus II, dan (3) hasil belajar siswa secara klasikal meningkat pada siklus I sebesar 30,77% (tidak tuntas) menjadi 88,46% (tuntas) pada siklus II. Diperoleh simpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa.

Kata kunci: Kooperatif tipe TGT, Keterampilan sosial, PTK, hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI