DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KAMPANYE PERUBAHAN PERILAKU SATUAN TUGAS PENCEGAHAN DAN PENANGANAN KEKERASAN SEKSUAL UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT (SATGAS PPKS ULM) DALAM PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
PENGARANG:YUNI MAULIDINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-18


ABSTRAK

Yuni Maulidina, 1910414220036, Kampanye Perubahan Perilaku Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual Universitas Lambung Mangkurat (Satgas PPKS ULM) dalam Pencegahan Kekerasan Seksual di lingkungan Universitas Lambung Mangkurat. Di bawah bimbingan Noviana Sari.

            Setiap Perguruan Tinggi diwajibkan membuat Satuan Tugas untuk pencegahan dan penanganan kekerasan seksual yang diberi nama Satgas PPKS. Untuk menjalankan tugas dan fungsinya, Satgas PPKS melakukan kampanye perubahan perilaku terhadap civitas akademika ULM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah kampanye perubahan perilaku Satgas PPKS ULM dalam mencegah tindak kekerasan seksual bagi civitas akademika Universitas Lambung Mangkurat dan bagaimanakah kampanye perubahan perilaku ini mampu mengubah perilaku korban ataupun civitas akademika untuk berani melaporkan apabila terjadi tindak kekerasan seksual.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian eksploratif dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi untuk pengumpulan data serta menggunakan teknik analisa data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan Teori S-O-R (Stimulus-Organism-Respons) dan model perencanaan kampanye Gregory (1996: 52-53).

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kampanye perubahan perilaku yang dilakukan oleh Satgas PPKS ULM masih belum mampu mengubah perilaku dari civitas akademika dalam hal pencegahan tindak kekerasan seksual tetapi sudah menunjukkan hasil yang positif dalam mengubah perilaku civitas akademika atau korban untuk melaporkan tindak kekerasan seksual yang terjadi. Selain itu kurangnya SDMdalam mengelola pesan-pesan kampanye dari Satgas PPKS ULM, serta dalam penyusunan kampanye perubahan perilaku ini Satgas PPKS ULM belum memenuhi seluruh tahapan perencanaan kampanye sesuai dengan tahapan perencanaan kampanye komunikasi.

Kata kunci : Kampanye Perubahan Perilaku, Kekerasan Seksual, Civitas Akademika ULM, Satgas PPKS ULM

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI