DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS ISI PESAN KEARIFAN LOKAL DALAM FILM TABULA RASA KARYA SUTRADARA ADRIYANTO DEWO
PENGARANG:MUHAMMAD GUNTUR JAGAD PRADIPTA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-02-14


ABSTRAK

            Muhammad Guntur Jagad Pradipta,D1C113232 , Analisis Isi Pesan Kearifan Lokal Dalam Film Tabula Rasa Karya sutradara Adriyanto Dewo , Dibimbing oleh Lalita hanief selaku dosen pembimbing I dan Muhammad Alif selaku dosen pembimbing II.

            Kearifan lokal merupakan perilaku positif manusia dalam berhubungan dengan alam dan lingkungan sekitarnya,yang dapat bersumber dari nilai agama adat istiadat,petuah nenek moyang atau budaya setempat,yang terbangun secara ilmiah dalam suatu komunitas masyarakat untuk beradaptasi dengan lingkungan di sekitarnya dengan menggunakan ilmu dibidang ilmu komunikasi.Penelitian dengan judul “Analisis Isi Pesan Kearifan Lokal Dalam Film Tabula Rasa Karya Adriyanto Dewo ”, memiliki rumasan masalah bagaimana pesan kearifan lokal dalam film Tabula Rasa. Tujuan peneliti ini adalah mengetahui kearifan lokal dalam film Tabula Rasa.

            Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,dokumentasi, dan studi literatur. Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data primer dan sekunder yang berkaitan dengan film Tabula Rasa.

            Hasil penelitian menyeluruh  bahwa film Tabula Rasa adalah film yang menampilkan unsur-unsur  Pesan kearifan lokal yang terdapat pada film Tabula Rasa yakni pesan yang bermuatan kearifan lokal dengan total 64 waktu yang berhubungan dengan hal tersebut,dalam masing masing kategori yang terbagi 21 waktu yang berhubungan dengan pesan kearifan lokal dan bentuk kearifan lokal nya adalah,Keaneka ragaman kuliner daerah,pemandangan alam,alat yang digunakan memasak masih tradisional,serta suku dan bahasa daerah.

 

 

Kata Kunci : kearifan lokal , film , analisis isi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI