DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI, DAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PENGELOLAAN DANA DESA DI KECAMATAN KELUMPANG UTARA KABUPATEN KOTABARU
PENGARANG:UZLIA ANAZMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-19


Program dana Desa pertama kali dijalankan pada tahun 2015 setelah terbitnya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Tujuan program Dana Desa untuk meningkatkan pembangunan, ekonomi, dan pemberdayaan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengelolaan dana desa seperti akuntabilitas, transparansi, dan partisipasi masyarakat di Kecamatan Kelumpang Utara Kabupaten Kotabaru.

Penelitian ini berjenis kuantitatif deskriptif, populasi penelitian adalah desa di Kecamatan Kelumpang Utara dengan melibatkan pemerintah desa dan perwakilan masyarakat sebagai sampel. Pengujian kualitas data menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan regresi linier berganda, dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan kofisien determinasi (R2).

Hasil dari penelitian menunjukkan akuntabilitas dan partisipasi masyarakat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pengelolaan dana desa, sedangkan transparansi tidak bepengaruh terhadap pengelolaan dana desa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI