DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TINGKAT PEMANFAATAN IKAN KEMBUNG (RASTRELLIGER SP) YANG DIDARATKAN DI PELABUHAN PERIKANAN MUARA KINTAP KABUPATEN TANAH LAUT PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MUHAMMAD KEMAS INDRAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-02-14


Tingkat pemanfaatan sumberdaya ikan kembung (Rastrelliger sp) diduga dengan  membandingkan nilai hasil tangkapansetiap tahunnya dengan produksi maksimum lestari (MSY). Penelitian ini bertujuan : (1) Mengetahui produksi maksimum lestari ikan kembung (Rastrelliger sp) yang didaratkan di Pelabuhan Perikanan Muara Kintap. (2) Mengetahui tingkat pemanfaatan sumberdaya ikan kembung (Rastrelliger sp) yang didaratkan di Pelabuhan Perikanan Muara Kintap. Analisis data menggunakan Model Produksi Surplus - model Schaefer dan Pendugaan Tingkat Pemanfaatan.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai produksi maksimum lestari (MSY) sumberdaya ikan kembung (Rastrelliger sp) diestimasi sebesar 166,21 ton. Hasil tangkapan ikan kembung (Rastrelliger sp) di tahun 2011,2012, 2014 dan 2015 berada di bawah batas nilai MSY, sedangkan di tahun 2013, hasil tangkapan melampaui nilai MSY dan tingkat pemanfaatan sumberdaya ikan kembung tahun 2015 diestimasi sebesar 78,69%, termasuk kategori tingkat optimum, berarti peningkatan upaya penangkapan tidak  menambah hasil tangkapan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI