DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL GUIDED INQUIRY DI SMA NEGERI 5 BANJARMASIN
PENGARANG:I WAYAN MANUABA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-02-14


ABSTRAK

 

Kemampuan berpikir kritis adalah salah satu dari empat kemampuan yang sangat penting dan harus dimiliki siswa untuk menghadapi tantangan revolusi industri 4.0 pada abad 21 saat ini. Kemampuan berpikir kritis dapat diasah dan dikembangkan melalui pendidikan salah satunya dengan pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru matematika kelas XI di SMA Negeri 5 Banjarmasin, permasalahan yang sering muncul pada saat proses pembelajaran berlangsung adalah kurangnya respon siswa terhadap pembelajaran matematika dan siswa lebih cenderung menghafal dari pada memahami konsep sehingga menyebabkan siswa kurang terlatih mengembangkan keterampilan berpikir dalam memecahkan masalah dan menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari ke dalam suatu permasalahan. Salah satu upaya untuk meminimalkan masalah tersebut serta membekali siswa kemampuan berpikir kritis adalah melalui penerapan model pembelajaran guided inquiry. Berdasarkan hal tesebut dilakukan penelitian di SMA Negeri 5 Banjarmasin yang bertujuan untuk (1) menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA 2dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model guided inquiry, (2) mengetahui respon siswa kelas XI MIPA 2 dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model guided inquiry, (3) menganalisis hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan respon siswa kelas XI MIPA 2 terhadap model guided inquiry.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 263 siswa. Teknik sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan persentase dan uji korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir kritis yang dicapai siswa secara keseluruhan berada pada kategori tinggi, (2) siswa memberikan respon setuju terhadap pelaksanaan model guided inquiry dan (3) terdapat hubungan yang sangat kuat antara kemampuan berpikir kritis dengan respon siswa terhadap model guided inquiry.

 

Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, respon, model guided inquiry.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI