DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Prosedur Pemekaran Desa Hidayah Makmur di Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa
PENGARANG:SITI NAIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-23


Siti Naimah, 1910413220024, Prosedur Pemekaran Desa Hidayah Makmur di Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa . Dibawah bimbingan Siti Mauliana Hairini, S.IP, MA.

 

Penelitian skripsi inibertujuan untuk mengetahui Proses Pemekaran Desayangdigunakanoleh Desa Hidayah Makmurbesertatimsuksesnyadalam terpilihnya untuk melaksanakan Pemekaran Desa pemilihanTahun2023.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan tipepenelitiandeskriptif.Informandalampenelitianiniberjumlah4orangyang  terdiri dari Penanggung Jawab Sementara Desa terpilih, Bagian Dinas DPMD, 2 Staff Desa Hidayah Makmur.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanmetodewawancaradan dokumentasi.

 

HasilpenelitianinimenunjukanbahwaProsesyangdigunakanolehDesa Hidayah Makmurterpilihdapatdikatakanberhasilmelakukanpemekaran desa.Pertamahalinidapatdilihatdari bagaimana cara masyarakat mengumpulkan syarat denganmenyesuaikanketentuanuntuk kelengkapan pemekaran desa yang harus di lengkapi sebagai ajuan pemekaransertadatayangsesuaidenganyangdiharapkanolehpemerintah.Prosesyangdilakukanmasyarakat  memfokuskandengan bekerja sama dengan masyarakat yang memasuki wilayah pemekaran untuk memperoleh keberhasilan. Masyarakat melengkapi persyaratan pemekaran desa dengan benar-benar memperhatikan kondisi wilayah sehingga dapat diterima oleh pemerintah.Dalamhalinimasyarakatmemanfaatkankesempatanuntukmelakukan pemekaran desa karena telah di dukung oleh pemerintah daerah,kemudianbersama masyarakat melengkapi persyaratan yang harus di lalui agar berhasil menjadi desa pemekaran.

 

Berdasarkanhaltersebut,makadapatdiliatpemekaran desa dilakukan agar menjadikan penelitian ini sebagai bahanpertimbangansebagaipedoman  Proses Pemekaran Desadalammenjadikan Desa Hidayah Makmur,sehinggatujuanyangdilakukanmenghasilkankeberhasilan secaramaksimal.

 

 

 

KataKunci: Proses, Pemekaran,Desa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI