DIGITAL LIBRARY



JUDUL:GAMBARAN KARAKTER KERJA KERAS PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 15 BANJARMASIN
PENGARANG:NORHAMIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-23


Karakter kerja keras adalah niat, motivasi dan tekad yang kuat, disertai dengan usaha bersungguh-sungguh dan keras dalam melaksanakan keinginan, tugas atau tanggung jawab dalam mencapai suatu tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran karakter kerja keras pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 15 Banjarmasin.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Pengumpulan data dilakukan dengan angket karakter kerja keras berupa skala likert yang terdiri dari 38 item pernyataan. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 15 Banjarmasin dengan jumlah populasi sebanyak 197 siswa, teknik penarikan sampel yang digunakan adalah proportionate random sampling . Melalui teknik penarikan sampel tersebut didapatkan sampel penelitian sebanyak 66 siswa. Untuk mengetahui karakter kerja keras pada siswa dilakukan analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif.

 

            Hasil penelitian menggunakan statistik deskriptif didapatkan bahwa analisis karakter kerja keras pada siswa kelas VIII memiliki kategori sedang dengan jumlah 43 (61%), pada aspek berani mencoba memiliki kategori tinggi dengan jumlah 57 (89%), pada aspek memiliki semangat dan tekad yang kuat memiliki kategori sedang dengan jumlah 53 (77%) dan aspek pantang menyerah memiliki kategori tinggi dengan jumlah 32 (53%). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai karakter kerja keras pada siswa sehingga memberikan manfaat bagi guru BK ataupun peneliti selanjutnya dalam merencanakan atau melaksanakan kegiatan layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah.

 Kata Kunci: Karakter Kerja Keras, Siswa, Sekolah Menengah Pertama

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI