DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN AIR BERSIH UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN PELAYANAN AIR BERSIH DI PT. AIR MINUM INTAN BANJAR
PENGARANG:BAYU CIPTA SETIA BISMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-23


RINGKASAN

Bayu Cipta Setia Bisma. 2023. Analisis Faktor Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Air Bersih untuk Memenuhi Kebutuhan Pelayanan Air Bersih  di PT. Air Minum Intan Banjar. Pembimbing: Prof. Dr. Emmy Lilimantik, S.Pi., M.P.; Dr. Noor Arida Fauzana, S.Pi., M.Si.; Dr. Ir. Yusuf Aziz, M.Sc.

 

 

Pemerintah Daerah Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru melalui PT. Air Minum Intan Banjar  bertanggung jawab  dalam produksi dan pemasaran air bersih.   Pemerintah melalui PT. Air Minum Intan Banjar sudah pasti terus berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap air bersih melalui penyediaan air bersih,

khususnya di Cabang 2 Pelayanan PT. Air Minum Intan Banjar.

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis  besarnya pengaruh faktor faktor  terhadap permintaan air bersih serta menganalisis besarnya permintaan air bersih pada tahun 2032 di PT. Air Minum Intan Banjar.

Metode yang digunakan adalah dengan pengumpulan data primer dan sekunder dengan cara observasi, dokumentasi dan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Tempat penelitian adalah PT. Air Minum Intan Banjar (Perseroda) wilayah pelayanan Cabang 2, yang tersebar pada 7 kecamatan, yaitu Kertak Hanyar, Sungai Tabuk, Tatah Makmur,  Aluh-Aluh, Beruntung Baru, Martapura Barat, dan Gambut.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel jumlah penghuni, jumlah penghasilan, dan jenis tarif berpengaruh positif terhadap konsumsi air bersih PT. Air Minum Intan Banjar, sedangkan jumlah pelanggan berpengaruh negatif terhadap konsumsi air bersih PT. Air Minum Intan Banjar. Kebutuhan air bersih masyarakat pada tahun 2023 di  PT. Air Minum Intan Banjar Wilayah Cabang 2 untuk melayani 7 kecamatan pada tahun 2032 adalah sebesar 563,02 liter/detik. Penelitian ini merekomendasikan bahwa perlu adanya penambahan kapasitas produksi PT. Air Minum Intan Banjar agar untuk daerah yang belum terlayani selama 24 jam perlu adanya peningkatan suplai air bersih.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI