DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENJADWALAN RENCANA PENAMBANGAN BATUBARA PADA PIT 1 BLOK 24 PT SENAMAS ENERGINDO MINERAL SITE JAWETEN KECAMATAN DUSUN TIMUR, KABUPATEN BARITO TIMUR PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
PENGARANG:MARTINUS PUTRA PRATAMA SINAGA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-02-14


ABSTRAK

Martinus Putra Pratama Sinaga :PENJADWALAN RENCANA PENAMBANGAN BATUBARA PADA PIT 1 BLOK 24                PTSENAMAS ENERGINDO MINERAL SITE JAWETENKECAMATAN DUSUN TIMUR, KABUPATEN BARITO TIMURPROVINSI KALIMANTANTENGAH

 

Pada perusahaan PT Senamas Energindo Mineral memiliki wilayah izin penambangan  seluas 2000 Ha. Setelah dilakukannya pemboran eksplorasi ditemukan adanya endapan batubara yang cukup potensial untuk ditambang. Dengan penemuan cadangan baru ini perlu dilakukan perencanaan untuk membuat pit, pit tersebut diberi nama Pit 1. Sehingga perlu dilanjutkan dengan tahapan penambangannya dan belum ada yang membuat penjadwalan penambangannya. Berdasarkan hal tersebut, melatarbelakangi saya melakukan pengamatan dan penelitian ini.

Penjadwalan penambangandibuat dengan menggunakan softwareMinescape.  Batas   penambangan,   cadangan   tertambang,   dan   volumeoverburdenditentukanolehnilaiStrippingRatio(SR) dari perusaahaan yaitu       SR  6. Penjadwalan dilakukan dengan cara membagi daerah pit limit penambangan menjadi blok-blok dengan ukuran 75 x 75 meter. Pembagian blok tersebut bertujuan untuk mempermudah sequence atau pushback pengupasan overburden dan sequence produksi batubara. Perhitunganvolume menggunakansoftwareMinescape. Tahapan penambangandibuatdengantargetproduksi minimum100.000ton/bulan.

Hasil  penelitiandari penjadwalan penambangan pit 1 blok 24 didapatkan penjadwalan penambangan yaitu dengan kurun waktu 43 bulan  yang mana memiliki SR terendah 1.72 pada bulan September 2017 dan SR tertinggi 15.73 pada bulan Maret  2021.

Kata Kunci: Pit, Batubara, Overburden, Striping Ratio, Scheduling, Penjadwalan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI