DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI-NILAI HAUL GURU SEKUMPUL SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:MUHAMMAD NASIH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-02-14


ABSTRAK

 

Muhammad Nasih. 2019. Nilai-Nilai Haul Guru Sekumpul sebagai Sumber Belajar IPS. Tesis Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M.Pd (2) Dr. Syaharuddin, S.Pd., MA.

 

Tesis ini membahas tentang nilai-nilai haul K.H. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani (Guru Sekumpul). Nilai-nilai haul Guru Sekumpul dalam penelitian ini diambil dari dari nilai-nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 yakni nilai religius, nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong royong. Nilai-nilai haul Guru Sekumpul juga bisa dijadikan sebagai sumber belajar IPS. Karena itu tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana persiapan dan pelaksanaan haul Guru Sekumpul, serta nilai-nilai yang terkandung di dalam haul Guru Sekumpul dan apakah nilai-nilai tersebut dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan historis, subyek penelitiannya adalah panitia, petugas, relawan, jemaah, serta pegawai pemerintahan yang mengetahui dan terlibat dalam haul Guru Sekumpul. Teknik pengumpulan data wawancara, studi dokumentasi, dan observasi. Adapun teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa persiapan haul Guru Sekumpul mencakup bidang pengamanan, kesehatan, perhubungan, akomodasi, dan sarana prasana dengan melibatkan panitia, petugas, relawan, dan instansi-instansi di lingkup Pemerintahan Kabupaten Banjar. Pelaksanaan haul Guru Sekumpul dilaksanakan dalam waktu tiga hari yakni di rumah kediaman almarhum Guru Sekumpul, di Kubah Guru Sekumpul dan di Mushalla Ar-Raudhah. Nilai-nilai yang terdapat di dalam haul Guru Sekumpul yakni (1) nilai religus (beriman-bertakwa, toleransi, cinta lingkungan), (2) nilai nasionalis (cinta tanah air dan menghargai kebhinnekaan), (3) nilai integritas (kejujuran, kesantunan, cinta pada kebenaran), (4) nilai mandiri (kerja keras, kreatif, disiplin, berani), serta (5) nilai gotong royong (kerjasama dan saling menolong). Nilai-nilai tersebut dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS. Oleh karena itu, penulis berharap agar guru-guru IPS terutama di Kalimantan Selatan bisa menjadikan nilai-nilai yang terkandung di dalam haul Guru Sekumpul sebagai suatu bahan materi ajar di kelas. Dengan pembelajaran IPS yang menyelipkan kebudayaan lokal akan membuat siswa tidak melupakan jati dirinya dari pengaruh globalisasi yang semakin menggerus karakteristik bangsa.

 

Kata Kunci: Guru Sekumpul, haul, IPS, nilai-nilai.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI