DIGITAL LIBRARY



JUDUL:LAPORAN PENELITIAN SKRIPSI EFEKTIVITAS PEMBERIAN PAKAN BEKU (Frozen feed) DENGAN BAHAN BAKU DARI KEONG SAWAH (Pila ampullacea) UNTUK PERTUMBUHAN BENIH IKAN TOMAN (Channa micropeltes)
PENGARANG:BERNADUS HERYANTO S
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-02-14


Abstrak

Ikan toman adalah salah satu ikan asli Indonesia yang hidup pada habitat perairan tawar dan rawa. Ikan ini banyak di gemari masyarakat dan potensial untuk dikembangkan. Umumnya, dalam kegiatan budidaya menggunakan ikan rucah sebagai pakan, dimana 60-70% biaya produksi diperlukan untuk pakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kandungan gizi pada pakan olahan frozen feed dari keong sawah dan mengetahui pertumbuhan efesiensi pakan untuk benih ikan toman dengan pemberian presentase pakan yang berbeda. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sungai Malang, Kecamatan Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Provinsi Kalimantan Selatan. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan A (5%), B (10%), dan C (15%) dari berat biomassa. Hasil penelitian terbaik pada perlakuan A dengan pemberian pakan frozen feed dari keong sawah, 5% dari berat biomassa ikan toman, terbilang baik karena nilai FCR 4,39% dan Efisiensi 23,98% pakannya. Kajian tentang frozen feed yang lebih efisien dan mudah di cari sangat perlu untuk dikembangkan.

 

Kata kunci : Ikan toman, Keong sawah,Frozen Feed, Nutrisi

Abstract

 

Snake head is one of the original Indonesian fish that lives in freshwater and swamp habitats. Many people like to eat toman so it has the potential to be developed. Benerally, in aquaculture use trash fish as feed, when 60-70% of productions cots are underded for feed . The of this study was to determine the nutritional content of processed frozen feed from seed snails and to aim the growth of feed efficiency for snake head fry by giving different feed percentages. This research was conducted in Sungai Malang Village, Amuntai District, Hulu Sungai Utara Regency, South Kalimantan Province. This study used a completely randomized design (CRD) with 3 treatments and 3 replications. Treatment of A (5%), B (10%), and C (15%) of the weight of biomass. The best results on treatment A by feeding frozen feed from seed conch, 5% from the weight of snake head biomass, are fairly good because the values ??of FCR 4,39% and feed efficiency 23,98%. Are study of frozen feed that more efficiencit and easy to find was very meessing to derelop.

 

Keywords: Toman fish, seed conch, Frozen Feed, Nutriti

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI