DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEBIASAAN NONGKRONG MAHASISWA DI COFFEE SHOP ARUNIKA COFFEE AND SPACE BANJARMASIN
PENGARANG:ROSA LINDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-24


ABSTRAK

 

Rosa Linda, 2023. Kebiasaan Nongkrong Mahasiswa di Coffee shop Arunika Coffee And SpaceBanjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Reski P.

 

Kata Kunci : Kebiasaan, Nongkrong, Coffee shop.

 

Arunika Coffee And Space merupakan sebuah coffee shop yang didirikan di Banjarmasin pada bulan Maret tahun 2021 di Jalan Brigjen Hasan Basri, Kelurahan Pengeran, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kalimantan Selatan. Arunika Coffee And Spacemerupakan salah satu Coffee shop yang ada di Banjarmasin dan terbilang cukup ramai dikunjungi oleh anak muda atau mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Alasan mahasiswa memilih nongkrong di Arunika Coffee And Space. (2) Aktivitas mahasiswa saat nongkrong di Arunika Coffee And Space.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik penentuan informan adalah dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data yaitu menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) Alasan mahasiswa memilih nongkrong di coffee shop Arunika Coffee And Space yaitu karena (a) Gaya hidup, (b) Eksistensi diri, (c) Lokasi yang strategis dan nyaman, serta (d) Sebagai sarana hiburan. (2) Aktivitas nongkrong di coffee shop Arunika Coffee And Spaceyaitu (a) Mengerjakan tugas kuliah, (b) Bermain kartu UNO atau domino, dan (c) Membicarakan hal yang random.

Berdasarkan hasil penelitian ini, mahasiswa yang hobi nongkrong diharapkan untuk tidak terlalu konsumtif seperti menghabiskan uang hanya untuk sekedar memesan coffee atau makanan dalam setiap minggunya yang hanya dilakukan untuk memenuhi gaya hidup nongkrongnya di coffee shop dan harus bisa memahami yang mana prioritas dan yang mana hanya sekedar keinginan. Selain itu, mahasiswa yang hobi nongkrong di coffee shop juga diharapkan agar lebih selektif dalam memilih circle pertemanan dengan cara membangun komunikasi yang lebih dalam dengan teman sehingga kita dapat menilai baik buruknya pertemanan di coffee shop, dikarenakan banyaknya pergaulan yang dapat mempengaruhi gaya hidupnya menjadi kurang baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI