DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Waktu Optimal dengan Least Cost Scheduling pada Proyek Pembangunan Gedung Arsip Dinas PUPR Kota Banjarbaru
PENGARANG:SITI FATIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-24


Pada manajemen konstruksi ada beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan sebuah konstruksi yaitu biaya, waktu dan mutu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mempercepat proyek pembangunan Gedung Arsip Dinas PUPR Kota Banjarbaru dengan menggunakan metode Least Cost Scheduling agar pekerjaan dapat selesai dengan tepat waktu.

Pengolahan data diawali dengan membuat Work Breakdown Structure (WBS), membuat logika analisa ketergantungan diagram, membuat Precedence Diagram Method (PDM). Alternatif untuk mempercepat durasi yang digunakan adalah menambah jam kerja dan menambah pekerja. Perhitungan percepatan dilakukan pada lintasan kritis untuk mendapatkan waktu dan biaya yang optimum.

Pembangunan proyek dapat diselesaikan dengan durasi 160 hari dengan biaya Rp 1.144.358.919,91, dengan dilakukannya crash dengan penambahan 1 pekerja pada pekerjaan beton bertulang yang berada pada lintasan kritis didapatkan untuk percepatan adalah selama 10 hari dengan total biaya Rp 1.149.653.919,92. Selisih antara biaya normal dengan biaya setelah proyek tersebut dipercepat adalah sebesar Rp 5.295.000,00.

 

Kata Kunci: Least Cost Scheduling, Precedence Diagram Method, Crash, Lintasan Kritis

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI