DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERUBAHAN MATA PENCAHARIAN MASYARAKAT DI KELURAHAN MENGKATIP KECAMATAN DUSUN HILIR KABUPATEN BARITO SELATAN TAHUN 2010-2021
PENGARANG:MUTIA RAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-25


Mutia Rahmah, 2023. Perubahan Mata Pencaharian Masyarakat Di Kelurahan Mengkatip Kecamatan Dusun Hilir Kabupaten Barito Selatan Tahun 2010-2021. (Pembimbing Utama: Wisnu Subroto, S.S., M.A. dan Pembimbing Pendamping: Mansyur S.Pd., M.Hum.)

 

Perubahan mata pencaharian masyarakat yang dulunya menjadi pencari rotan kini menjadi petani sarang burung walet karena adanya perubahan tersebut dapat memberikan perubahan ekonomi masyarakat di Kelurahan Mengkatip. Perubahan ini berdampak pada kehidupan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi ekonomi masyarakat pesisir Sungai Barito di Kelurahan Mengkatip. Untuk mengetahui faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan mata pencaharian pada masyarakat pesisir Sungai Barito di Kelurahan Mengkatip.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah, yang semuanya terdapat empat tahap yaitu pada tahap pertama heuristik, yaitu mengumpulkan data dengan wawancara, sumber dokumen dan sumber benda. Tahap kedua kritik sumber, yaitu mengetahui keabsahan serta keaslian data yang didapat peneliti dari lapangan. Ketiga tahap interpretasi, yaitu penafsiran fakta-fakta sejarah yang dikumpulkan. Keempat tahap historiografi, peneliti melakukan penulisan keseluruhan penelitian secara deskriptif berdasarkan sistematika yang sudah ditetapkan di dalam batasan masalah.

Hasil penelitian bahwa kondisi ekonomi masyarakat pesisir Sungai Barito di Kelurahan Mengkatip sejak tahun 2010-2021 diketahui perubahan mata pencaharian masyarakat dari pencari rotan, pencari ikan, dan petani padi berubahan menjadi petani sarang burung wallet sejak 2010, hal ini disebabkan menjadi petani sarang burung walet yang menjanjikan dan mendapatkan meningkatkan ekonomi keluarga. Faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan mata pencaharian pada masyarakat di Kelurahan Mengkatip, hal ini dilihat bahwa terjadinya perubahan mata pencaharian pada masyarakat di Kelurahan Mengkatip karena mereka merasa bahwa keberadaan usaha dari sarang burung walet di Kelurahan Mengkatip dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Kesimpulannya bahwa dengan menjadi petani sarang burung walet maka kesejahteraan masyarakat semakin meningkat.

 

 

 

Kata Kunci: Mata Pencaharian, Sarang Burung Walet, Masyarakat Pesisir Sungai Barito.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI