DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INTERAKSI SOSIAL PADA KLIEN WANITA RAWAN SOSIAL EKONOMI (WRSE) DALAM MENJALANI BIMBINGAN SOSIAL DI PANTI REHABILITASI SOSIAL TUNA SOSIAL BARAKAT CANGKAL BACARI PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:TRI INDAH RAHAYU
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-25


Tri Indah Rahayu, 2023. Interaksi Sosial Pada Klien Wanita Rawan Sosial Ekonomi (WRSE) Dalam Menjalani Bimbingan Sosial Di Panti Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial Barakat Cangkal Bacari Provinsi Kalimantan Selatan. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Yuli Apriati.

 

 

 

Kata Kunci : Interaksi Sosial, Bimbingan Sosial, Wanita Rawan Sosial Ekonomi

 

 

 

Interaksi sosial dikatakan sebagai kunci dari seluruh kehidupan sosial, tanpa adanya interaksi sosial maka tidak akan terjadi kehidupan bersama. Berkumpulnya perorangan secara materiil belaka tidak mampu menghasilkan kehidupan pada suatu kelompok sosial. Penelitian ini bertujuan 1) untuk menganalisis bentuk interaksi sosial asosiatif dan 2) untuk menganalisis bentuk interaksi sosial  disosiatif pada klien wanita rawan sosial ekonomi (WRSE) dalam menjalani bimbingan sosial di Panti Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial Barakat Cangkal Bacari Provinsi Kalimantan Selatan.

 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Sumber data dipilih melalui teknik purposive sampling dan informan pada penelitian ini berjumlah 6 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk penguji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bentuk interaksi sosial asosiatif pada klien wanita rawan sosial ekonomi (WRSE) dalam menjalani bimbingan sosial di Panti Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial Barakat Cangkal Bacari Provinsi Kalimantan Selatan adalah pertama, kerja sama yang terbagi menjadi dua yaitu a) kerja sama klien dengan klien, b) kerja sama instruktur dengan klien. Kedua, akomodasi yaitu a) pertentangan klien dengan klien diatasi melalui mediasi dan toleransi (2) bentuk interaksi sosial disosiatif pada klien wanita rawan sosial ekonomi (WRSE) dalam menjalani bimbingan sosial di Panti Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial Barakat Cangkal Bacari Provinsi Kalimantan Selatan pertama, persaingan yaitu persaingan klien dengan klien yang termasuk a) persaingan dalam games. Kedua, pertentangan atau conflict yaitu a) konflik pribadi

 

Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan : bagi klien wanita rawan sosial ekonomi (WRSE) tetap menjaga kerukunan yang bertujuan terjalinnya kerja sama dan melakukan interaksi lebih sering agar tidak terjadi perbedaan pendapat atau kesalahpahaman yang menimbulkan pertentangan serta bagi Panti Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial Barakat Cangkal Bacari Provinsi Kalimantan Selatan agar selalu memberikan dukungan positif dan arahan yang terbaik terhadap kliennya.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI