DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM GOTONG ROYONG DI KELURAHAN SUNGAI LULUT KECAMATAN BANJARMASIN TIMUR
PENGARANG:MIA AUDINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-25


Mia Audina, 2023. Partisipasi Masyarakat dalam Gotong Royong di Kelurahan Sungai Lulut Kecamatan Banjarmasin Timur. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Sigit Ruswinarsih.

Kata Kunci: Partisipasi, Masyarakat, Gotong Royong, Kelurahan Sungai Lulut.

            Gotong royong dilakukan pada RT 01 sampai RT 39 secara bergiliran. Untuk menjalankan kegiatan gotong royong dibutuhkan faktor yang berperan terhadap partisipasi masyarakat dalam kegiatan gotong royong. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan faktor yang berperan terhadap partisipasi masyarakat dalam gotong royong di Kelurahan Sungai Lulut Kecamatan Banjarmasin Timur; (2) Menguraikan bentuk partisipasi masyarakat dalam gotong royong di Kelurahan Sungai Lulut Kecamatan Banjarmasin Timur.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.

            Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) Terdapat empat faktor yang berperan terhadap partisipasi masyarakat dalam gotong royong yaitu ; a. faktor motivator; b. faktor fasilitas; c. faktor kerjasama; d. faktor kesadaran masyarakat. (2) Terdapat empat bentuk partisipasi masyarakat dalam gotong royong yaitu ; a. tenaga; b. kemahiran; c. pendapat; d. konsumsi.

            Berdasarkan hasil dari penelitian ini disarankan ; (1) Kepala Kelurahan Sungai Lulut Kecamatan Banjarmasin Timur hendaknya terus meningkatkan partisipasi masyarakat dalam gotong royong; (2) Aparat Kelurahan Sungai Lulut Kecamatan Banjarmasin Timur hendaknya dapat memberikan arahan pada kegiatan gotong royong; (3) Pihak ketua rukun tetangga diharapkan mampu memberikan contoh yang baik pada kegiatan gotong royong; (4) Kepada masyarakat, sangat diharapkan terus meningkatkan partisipasinya; (5) Peneliti selanjutnya untuk menggali partisipasi masyarakat dalam berbagai kegiatan. Selain kegiatan gotong royong, kegiatan lainnya juga ada di Kelurahan lain seperti kegiatan partisipasi masyarakat dalam penyuluhan, pembangunan, arisan, dan pos keamanan lingkungan (poskamling) yang bisa digali untuk diteliti.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI