DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis komparatif pendapatan rumah tangga pekerja perkebunan kelapa sawit dan non kelapa sawit di Kecamatan Kuripan Kabupaten Barito Kuala
PENGARANG:AFWAN SILA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-25


Analisis komparatif pendapatan rumah tangga pekerja perkebunan kelapa sawit dan non kelapa sawit di Kecamatan Kuripan Kabupaten Barito Kuala di bawah bimbingan Muhammad Fauzi dan Hairin Fajeri

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur dan perbedaan pendapatan rumah tangga pekerja perkebunan kelapa sawit dan pekerja non kelapa sawit di Kecamatan Kuripan Kabupaten Barito Kuala. Data penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode acak sederhana dan mendapatkan sampel 79 rumah tangga. Pendapatan rumah tangga pekerja perkebunan kelapa sawit dan non kelapa sawit dihitung berdasarkan jenis pekerjaan lalu dilakukan analisis perbedaan pendapatan antara kedua kelompok dengan metode uji t tidak berpasangan (independent sample t-test).

Pendapatan rumah tangga pekerja perkebunan kelapa sawit setahun adalah Rp 55.113.818, terdiri dari pendapatan suami sebesar Rp 45.594.667, dan pendapatan istrinya sebesar Rp 9.519.152/tahun. Persentase struktur pendapatan rumah tangga pekerja perkebunan kelapa sawit bersumber dari pendapatan pegawai tetap perkebunan kelapa sawit sebesar (85%) buruh harian lepas sawit sebesar (10%), tenaga pendidik sebesar (3%), dan aparat desa sebesar (2%).

Pendapatan rumah tangga pekerja non perkebunan kelapa sawit setahun adalah Rp 42.822.913/tahun, terdiri dari pendapatan suami sebesar Rp 34.659.826/tahun, dan pendapatan istrinya sebesar Rp 8.163.087/tahun. Struktur pendapatan rumah tangga disusun berdasarkan jenis pekerjaan dengan rincian pendapatan dari pencari kayu galam (64.34%), buruh pasir sebesar (12.13%), pengrajin purun (9.94%), pemanen daun gelinggang sebesar (7.50%), petani sebesar (4%), buruh lepas harian sawit sebesar (1.06%), dan tenaga pendidik sebesar (0.49%).

Hasil pengujian menunjukkan nilai probabilitas (sig.)sebesar 0.002, nilai inilebih kecil dari nilai taraf signifikasi 0.01 sehingga kesimpulannya terdapat perbedaan antara pendapatan rumah tangga pekerja perkebunan sawit dan non kelapa sawitatau menolak H0 dan menerima H1.

 

 

Kata Kunci: komparatif, pendapatan rumah tangga, kelapa sawit, non kelapa sawit

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI