DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Gugatan Hak Mutlak Ahli Waris Terhadap Surat Wasiat Pewaris
PENGARANG:WIDIA SETYA UTAMI PRATIWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-26


Widia Setya Utami Pratiwi. November 2023. GUGATAN HAK MUTLAK AHLI WARIS TERHADAP SURAT WASIAT PEWARIS. Skripsi, Program Sarjana Program Studi Hukum Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat, 47 halaman. Pembimbing Utama: Prof. Dr. Mulyani Zulaeha, S.H., M.H., dan Pembimbing Pendamping: Dr. Hj. Noor Hafidah, S.H., M.Hum.

 

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menambah pengetahuan dalam melakukan dasar gugatan hak mutlak ahli waris apabila surat wasiat yang dibuat pewaris dirasa tidak adil dan kewenangan pewaris dalam pembagian harta dan penulisan surat wasiat. Serta menambah pengetahuan dalam pembuktian gugatan hak waris oleh ahli waris mengenai hak mutlaknya dalam mewaris di Pengadilan.

Metode penelitian dalam penulisan ini adalah penelitian hukum normatif. Penelitian hukum normatif adalah penelitian yang dilakukan dengan cara pengkajian dengan cara mengkaji bahan-bahan yang berasal dari peraturan perundang-undangan dan bahan dari berbagai literatur.

Dasar gugatan yang digunakan adalah Perbuatan Melawan Hukum (PMH) berkaitan dengan hak mutlak ahli waris ketika pewaris membuat surat wasiat yang isinya bersifat tidak adil dan merugikan ahli waris.Pembuktian gugatan ahli waris terhadap surat wasiat yang isinya bersifat tidak adil di Pengadilan harus mempersiapkan alat-alat bukti nya sesuai dengan apa yang telah disebutkan dalam Pasal 164 HIR, Pasal 284 RBg, dan Pasal 1866 KUHPer yaitu alat-alat bukti dalam perkara perdata.

Kata Kunci (Keyword) : Gugatan Perdata, Hak Mutlak, Pembuktian

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI