DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Perancangan Desain Polder Komplek Kampus I Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
PENGARANG:MIRWAN MUHAMMAD RASYID
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-26


Pada akhir Tahun 2022 intensitas curah hujan di wilayah Banjarmasin terhitung lumayan tinggi dan memicu naiknya volume debit air sehingga menyebabkan banjir di beberapa daerah di Kota Banjarmasin, tidak terkecuali di Kampus I Universitas Lambung Mangkurat. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mendesain saluran drainase utama, evaluasi kolam retensi, menentukan ketinggian tanggul serta menentukan kapasitas dan jumlah pompa sistem polder Kampus I ULM.

Pada penelitian ini dilakukan perhitungan debit rencana yang kemudian dibandingkan dengan debit eksisting saluran. Hasil perbandingan kemudian dilanjutkan untuk perhitungan desain saluran utama rencana, kolam retensi dan sistem pompa. Adapun ketinggian tanggul didapatkan dari ketinggian genangan yang ada di Kampus I ULM.

Dari hasil penelitian ini diketahui dimensi saluran drainase utama yakni kedalaman rencana 1,2 m danlebar rencana 2,4 m dengan menggunakan penampang ekonomis berbentuk persegi dengan tipe saluran beton. Kolam retensi rencana terisi penuh apabila total volume kolam sebesar 2650,5 m3 dan debit rencana saluran drainase utama sebesar 5,890 m3/detik yakni sebesar 7,5 menit. Ketinggian tanggul rencana minimum sebesar 50 cm. Sedangkan untuk sistem pompa direncanakan beroperasi apabila kolam tampungan pompa terisi debit air sampai penuh dengan kapasitas pompa 6 m3/detik. Kapasitas pompa dibagi menjadi 3 unit dengan kapasitas 1 unitnya yakni 2 m3/detik.

 

Kata Kunci:     Polder, Saluran Drainase Utama, Kolam Retensi, Pompa,Kampus I ULM

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI