DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Akuntabilitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kantor Kelurahan Kertak Hanyar I Kabupaten Banjar
PENGARANG:HENDY ANGGRAINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-26


ABSTRAK

 

Hendy Anggraini,1910411310015,2023:“Akuntabilitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Kelurahan Kertak Hanyar I Kabupaten Banjar”. Dibawah Bimbingan Taufik Arbain

 

Penelitian ini beranjak dari masih banyaknya keluhan ataupun pengaduan dari masyarakat baik melalui media masa maupun media pengaduan  yang  lain,  menyangkut  prosedur dan mekanisme kerja pelayanan yang berbelit- belit,  tidak  transparan,  kurang  informatif kurang akomodatif, kurang konsisten, terbatasnya fasilitas, sarana dan prasarana pelayanan sehingga tidak menjamin kepastian hukum, waktu, dan biaya. Yaitu akuntabilitas dalam penyelenggaraan Administrasi Kependudukan di Kelurahan Kertak Hanyar I  dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Untuk menghasilkan jawaban dari permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti akan terjun langsung kelapangan dan melakukan penelitian dengan cara pengamatan dan wawancara mendalam beberapa informan yang terkait dengan penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Akuntabilitas pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Kelurahan Kertak Hanyar I yang dinilai berdasarkan KEP/26/M.PAN/2/2004 Teknik Transparansi dan Akuntabilitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik Akuntabilitas Kinerja pelayanan publik, Akuntabilitas Biaya Pelayanan Publik, Akuntabilitas Produk Pelayanan Publik dapat dikatakan Akuntabel. Bahwa Akuntabilitas yang terdiri dari Kinerja Pelayanan Publik , Produk Pelayanan publik, Akuntabilitas biaya pelayanan publik sudah berjalan dengan baik Hal ini dapat dilihat dari beberapa kategorisasi yang ada dalam akuntabiltas pelayanan publik yang mendukung dalam proses pelaksanaan pelayanan yaitu, Terlaksananya disiplin dan profesionalitas petugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, terselenggaranya prosedur dan mekanisme dalam pengurusan pelayanan yang telah sesuai dengan aturan yang ditetapkan, tersedianya sarana dan prasarana yang memadai pada pelaksanaan pengurusan, transparansinya tentang Waktu Penyelesaian dalam pelayanan, tidak dipungutnya biaya dalam Pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan., Keakuratan dan keabsahan data produk yang dihasilkan oleh pihak kelurahan, Penaganan atas saran dan masukan dari para warga yang perlahan diperbaiki oleh pihak kelurahan. Melayani dengan sikap ramah dan sopan kepada masyarakat selaku pemohon merupakan faktor pendukung dalam Akuntabilitas pelayanan ini. Sedangkan kurangnya pemahaman dari masyarakat akan pelayanan, merupakan faktor penghambat akuntabilitas pelayanan di kantor kelurahan Kertak Hanyar I Kabupaten Banjar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI