DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Permeabilitas Tanah pada Berbagai Tipe Luapan di Lahan Pasang Surut Kabupaten Barito Kuala
PENGARANG:IIN NURELAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-29


IIN NURELAWATIPermeabilitas Tanah Pada Berbagai Tipe Luapan Di Lahan Pasang Surut Kabupaten Barito Kuala,  di bawah bimbingan  Ir. Ismed Fachruzi, M. S  dan Dr. Ir. H. Bambang Joko Priadmadi, M.P.

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui permeabilitas pada berbagai tipe luapan di lahan pasang surut  dan mengetahui hubungan antara porositas, bulk density, partikel density dan  C-organik dengan permeabilitas tanah pada berbagai tipe luapan di lahan pasang surut Kabupaten Barito Kuala.

 Metode penelitian ini adalah deskriptif eksploratif yang pelaksanaannya dilakukan dengan survei secara langsung pada lokasi penelitian. Pengambilan sampel tanah ditentukan secara sengaja (purposive sampling) pada tipe luapan A, B, C dan D di lahan pasang surut di Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan. Pengambilan sampel tanah dilakukan pada kedalaman 0-30 cm dimana masing-masing tipe luapan diambil sebanyak 6 titik sampling, sehingga keseluruhan sampel berjumlah 24 sampling dan dilanjutkan dengan pengambilan sampel tanah sebagai bahan untuk analisis di laboratorium.

Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat  perbedaan  permeabilitas tanah pada berbagai tipe luapan lahan Terdapat perbedaan nilai permeabilitas pada berbagai tipe luapan. Permeabilitas pada tipe luapan A dengan nilai 0,25 cm jam-1 kategori lambat, tipe luapan B  dengan nilai 0,47 cm jam-1 kategori lambat, pada tipe luapan C  dengan nilai 0,58 cm jam-1 kategori agak lambat dan pada tipe luapan D  dengan nilai 1,98 cm jam-1 kategori agak lambat. Hubungan korelasi antara porositas dan permeabilitas memiliki hubungan lemah dengan nilai koefesien korelasi -0,27, antara bulk density dan permeabiltas memiliki hubungan mendekati sempurna dengan nilai koefisien korelasi - 0,97, partikel density dan permeabilitas tanah memiliki hubungan  mendekati sempurna dengan nilai koefisien korelasi -0,97 sedangkan antara C-organik dan permeabilitas memiliki hubungan kuat dengan koefisen korelasi 0,58.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI