DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENDUGAAN SEBARAN TITIK PANAS (HOTSPOT) SEBAGAI INDIKATOR KEBAKARAN HUTAN DI KALIMANTAN SELATAN MENGGUNAKAN METODE ORDINARY KRIGING
PENGARANG:Siska Dharma Pratiwi
PENERBIT:FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
TANGGAL:2019-02-15


ABSTRAK
PENDUGAAN SEBARAN TITIK PANAS (HOTSPOT) SEBAGAI INDIKATOR KEBAKARAN HUTAN DI KALIMANTAN SELATAN MENGGUNAKAN METODE ORDINARY KRIGING (Oleh: Siska Dharma Pratiwi; Pembimbing: Dewi Sri Susanti, Yuana Sukmawaty; 2018 ; 39 halaman)
Kebakaran hutan merupakan permasalahan yang menimbulkan kerusakan. Untuk itu diperlukan suatu cara dalam mendeteksi awal sebelum kerusakan yang sangat besar terjadi. Salah satu cara untuk mengetahui terjadinya kebakaran di suatu lokasi yaitu dengan menggunakan nilai confidence dari hotspot yang terpantau oleh satelit. Berdasarkan nilai confidence dari hotspot yang terpantau tersebut dapat dimodelkan perilaku dari kebakaran hutan atau lahan. Metode yang dapat digunakan yaitu ordinary kriging, cara kerjanya adalah dengan menduga suatu nilai variabel pada titik tertentu dengan mengamati data sejenis di lokasi lainnya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan menduga pola sebaran hotspot berdasarkan nilai confidence sebagai indikator kebakaran hutan di Kalimantan Selatan menggunakan metode ordinary kriging pada tahun 2013-2017. Langkah yang dilakukan dengan membuat analisis deskriptif, perhitungan semivariogram eksperimental, fitting model semivariogram eksperimental dan semivariogram teoritis serta membuat peta tematik pola sebaran hotspot. Hasil dari penelitian ini diperoleh sebaran hotspot berdasarkan nilai confidence dari tahun 2013-2017 yang digambarkan dalam peta tematik. Berdasarkan pendugaan nilai confidence menggunakan metode ordinary kriging ternyata diperoleh bahwa pada tahun 2013-2017 sebaran hotspot dengan nilai confidence sedang tersebar merata disemua kabupaten. Sedangkan untuk hotspot dengan nilai confidence rendah atau masuk dalam kategori siaga terdapat pada tahun 2013 yaitu di Kabupaten Tanah Laut. Terakhir yaitu hotspot yang masuk dalam kelas confidence tinggi diperoleh pada tahun 2013, 2014, 2015 dan 2017 dengan sebaran wilayah bervariasi setiap tahunnya, wilayah yang masuk dalam kategori tersebut perlu adanya segera pemadaman dilokasi terdeteksinya hotspot.
Kata kunci : Kebakaran Hutan dan Lahan, Hotspot, Confidence, Ordinary Kriging.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI