DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA DI KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:SANAH PARWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-29


Sanah Parwati (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa Di Kabupaten Barito Kuala. Pembimbing I : Wahyudin Nor,Pembimbing II : Novika Rosari.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh (1) Kompetensi Aparatur Desa terhadap akuntabilitas pengelolaan Dana Desa di Kabupaten Barito Kuala (2) Sistem Pengendalian Internal terhadap akuntabilitas pengelolaan Dana Desa di Kabupaten Barito Kuala (3) Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap akuntabilitas pengelolaan Dana Desa (4) Partisipasi Masyarakat terhadap akuntabilitas pengelolaan Dana Desa di Kabupaten Barito Kuala dan (5) Kepatuhan Pajak Bendahara terhadap akuntabilitas pengelolaan Dana Desa di Kabupaten Barito Kuala.

 

Metode Penelitian menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 195 Desa di Kabupaten Barito Kuala. Peneliti mengambil 4 (empat) desa untuk setiap kecamatan, sehingga jumlah sampel menjadi 68 desa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan angket (kuesioner). Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresiberganda dan menggunakan bantuanSPSS.

 

Hasil penelitian membuktikan bahwa Kompetensi Aparatur Desa, Sistem Pengendalian Internal, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Partisipasi Masyarakat dan Kepatuhan Pajak Bendahara berpengaruh signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan Dana Desa di Kabupaten Barito Kuala.

 

Kata Kunci: Kompetensi Aparatur Desa, Sistem Pengendalian Internal, Pemanfaatan Teknologi Informasi,  Partisipasi Masyarakat Kepatuhan Pajak Bendahara.

 

 

 

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI