DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KREDIT BERMASALAH PADA BANK UMUM KONVENSIONAL PEMERINTAH DAN SWASTA YANG GO PUBLIC DI INDONESIA PERIODE 2018-2021
PENGARANG:GUSTI MUHAMMAD RIQHO RIFAWARDANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-29


Rifawardana (2023) Analisis Faktor Internal dan Eksternal yang Mempengaruhi Tingkat Kredit Bermasalah pada Bank Umum Konvensional Pemerintah dan Swasta yang Go Public di Indonesia Periode 2018-2021. Pembimbing: Rusdayanti Asma.

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk (1) Menganalisis pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Non-Performing Loan (NPL) pada Bank Pemerintah dan Bank Swasta di Indonesia (2) Menganalisis pengaruh Loan to Deposit Ratio (LDR) terhadap Non-Performing Loan (NPL) pada Bank Pemerintah dan Bank Swasta di Indonesia (3) Menganalisis pengaruh Produk Domestik Bruto (PDB) terhadap Non-Performing Loan (NPL) pada Bank Pemerintah dan Bank Swasta di Indonesia (4) Menganalisis pengaruh nilai tukar terhadap Non-Performing Loan (NPL) pada Bank Pemerintah dan Bank Swasta di Indonesia.

Sampel penelitian terdiri dari 35 bank umum konvensional di Indonesia terdiri dari 4 bank milik pemerintah dan 31 bank milik swasta yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia periode 2018-2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan data diolah dengan menggunakan teknik analisis regresi liniear berganda.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan antara Capital Adequacy Ratio (CAR), Produk Domestik Bruto, dan Nilai Tukar terhadap Non-Performing Loan (NPL) pada Bank Pemerintah serta terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Loan to Deposit Ratio (LDR) terhadap Non-Performing Loan (NPL) pada Bank Pemerintah. Tidak terdapat pengaruh antara Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Nilai Tukar terhadap Non-Performing Loan (NPL) pada Bank Swasta serta terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Produk Domestik Bruto (PDB) terhadap Non-Performing Loan (NPL) pada Bank Swasta. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan perbankan baik bank pemerintah maupun bank swasta diharapkan memperhatikan secara komprehensif faktor-faktor internal dan eksternal yang dapat menyebabkan peningkatan rasio Non-Performing Loan.

Kata Kunci: Bank Pemerintah, Bank Swasta, Non-Performing Loan (NPL), Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR), Produk Domestik Bruto (PDB), dan Nilai Tukar. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI