DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI PENATAUSAHAAN ASET TETAP (BARANG MILIK NEGARA) PADA KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH
PENGARANG:EKO SUHARTANTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-02-15


Eko Suhartanto (2018). Evaluasi Penatausahaan Aset Tetap (Barang Milik Negara) Pada Kantor Pertanahan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Pembimbing : Hamdani, SE, M.Si., Ak., CA.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis penerapan penatausahaan aset tetap (Barang Milik Negara) pada Kantor Pertanahan Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan untuk mengetahui kendala, hambatan dalam penerapan  Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 181/PMK.06/2016 tentang penatausahaan Barang Milik Negara.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan melakukan evaluasi terhadap penatausahaan aset tetap, yang meliputi pembukuan, inventarisasi dan pelaporan. Alat analisis yang digunakan merupakan data-data dokumen  penatausahaan pada Kantor Pertanahan Kabupaten Hulu Sungai Tengah dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik dokumentasi, wawancara dan observasi.

Hasil Penelitian menunjukan bahwa : 1) pelaksanaan pencatatan barang milik negara sudah dilakukan, akan tetapi pelaksanaannya masih terkendala pada saat input ke dalam aplikasi SIMAK BMN. 2) Tidak semua barang terdapat label nomor kode barang inventaris. 3) Pelaksanaan pelaporan sudah dilakukan dengan baik, pelaksanaan dilakukan setiap semesteran dan tahunan.

Kata kunci : Evaluasi, Penatausahaan Aset Tetap.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI