DIGITAL LIBRARY



JUDUL: KOMUNITAS MOTOR HONDA WIN DI KOTA BARABAI TAHUN 2019-2022
PENGARANG:MUHAMMAD AMRULLAH HIDAYAT
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-29


Komunitas Motor Honda WIN di Kota Barabai Tahun 2019-2022. Skripsi. (Pembimbing Utama: Wisnu Subroto, S.S., M.A dan Pembimbing Pendamping: Sriwati, M.Pd).

 

Penelitian ini mengarah kepada mengenai Komunitas Motor Honda WIN di Kota Barabai yang terbentuk pada tahun 2019. Komunitas ini terdiri dari anggota dengan hobi yang sama terhadap motor dengan jenis dan merek yang sama yakni Honda WIN.

Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan latar belakang, gaya hidup dan perkembangan komunitas Motor Honda WIN Barabai serta identitas dari komunitas tersebut. Kemudian memaparkan gaya hidup anggota komunitas motor Honda WIN Barabai tahun 2019-2022. Aktivitas rutin yang dilakukan oleh komunitas ini juga turut dipaparkan baik agenda rutin bulanan maupun kegiatan sosial kemasyarakatan. Penelitian ini menggunakan metode sejarah untuk membantu peneliti dalam mengumpulkan data yang diperlukan. Metode sejarah yang digunakan oleh peneliti tentunya melakukan tindakan awal yakni mengumpulkan data atau informasi yang berhubungan dengan judul penelitian (heuristik). Peneliti juga melakukan sebuah perbandingan terhadap data yang sudah didapat (kritik) lalu menjelaskan data yang sudah didapatkan baik dari hasil studi kepustakaan atau observasi ke lapangan (interpretasi). Hasil yang sudah peneliti dapatkan ditulis dalam sebuah karya akhir sebagai bukti tulisan ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan (historiografi).

Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, komunitas Motor Honda WIN Barabai yang terbentuk sejak tahun 2019, bahwa mereka merupakan komunitas motor yang berbeda dengan klub motor yang dalam pandangan masyarakat merupakan perkumpulan negatif. Hal ini dikarenakan klub motor biasanya membuat onar di jalan dan sering melakukan tawuran. Perbedaan inilah yang membuat komunitas Motor Honda WIN bisa diterima masyarakat umum, dimana mereka melakukan beberapa kegiatan yang positif seperti peduli lingkungan, memberikan contoh dengan menggunakan perlengkapan berkendara dan mematuhi rambu lalu lintas serta kegiatan bakti sosial.

Kesimpulan dari penelitian ini, setiap anggota Komunitas Motor Honda WIN Barabai memiliki identitas tersendiri, gaya hidup dan perkembangan kegiatan komunitas dalam kurun waktu tahun 2019-2022.

 

 

Kata Kunci: Komunitas Motor, Gaya Hidup dan Motor Honda WIN.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI